Antarajabar.com - Sebagian bahu Jalan R.E Martadinata atau Jalan Riau, Kota Bandung, Kamis, mendadak menjadi arena parkir kendaraan perang milik Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kendaraan  yang dikerahkan itu antara lain  tank leopard, panser tarantula, tank AMX, dan tank Scorpion. Kegiatan itu ditujukan untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Koordinator lapangan Lettu Arh Dedi Daulay mengatakan, pihaknya sengaja mengeluarkan kendaraan perang tersebut sebagai upaya mengedukasi warga  untuk mengenang kembali situasi masa lalu saat masa perjuangan kemerdekaan.

"Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa TNI AD saat ini sudah memiliki tank terbaru yaitu tank Leopard," kata dia.

Delapan tanks dan puluhan mobil kodok milik Kodiklat TNI AD berjajar di sepanjang jalan tersebut dan menjadi perhatian masyarakat untuk  berfoto secara langsung.

Anggota TNI yang berjaga pun mempersilakan warga untuk naik ke  kendaraan lapis baja tersebut.

Kendaraan tersebut akan pawai dengan rute Gedung Sate menuju Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Martadinata lalu Jalan Citarum, ke Jalan Aceh dan berakhir di Makodiklat TNI AD.

"Semoga ini menjadi kenangan tersendiri yang tidak dilupakan oleh masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya. Dan dapat dijadikan sebagai landasan semangat masyarakat Kota Bandung untuk mengisi kemerdekaan NKRI," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017