Antarajabar.com - Seribuan orang dari berbagai kalangan pelajar maupun lembaga swasta dan pemerintahah di Kabupaten Garut, Jawa Barat menggelar pawai obor untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia di kota itu, Rabu malam.
      
 Peserta pawai obor diikuti unsur pejabat pemerintah daerah, TNI, Polri, dan pegawai negeri sipil dengan berkeliling menyusuri ruas jalan kota sambil membawa obor.
       
Bupati Garut, Rudy Gunawan yang hadir dalam acara pawai obor mengatakan, kegiatan malam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia itu sudah menjadi tradisi di Kabupaten Garut.
       
"Ini merupakan tradisi di Garut, setiap malam menjelang Hari Kemerdekaan," katanya.
       
Ia menuturkan, pawai obor malam hari merupakan upaya menanam jiwa kebersamaan, dan semangat juang untuk menjaga serta meneruskan perjuangan pahlawan kemerdekaan Indonesia.
       
Ia berharap, peserta pawai yang diikuti kalangan anak-anak sekolah dapat menjadi bagian pelajaran untuk membangun kecintaan, kebersamaan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
       
"Semoga jiwa semangat juang yang dilakukan pahlawan waktu dulu tertanam dijiwa masyarakat Garut," katanya.
       
Kegiatan itu dimulai sekitar pukul 20.00 WIB di Jalan Ahmad Yani depan Masjid Agung Garut, selanjutnya berjalan kaki menyusuri ruas jalanan Garut Kota.
       
Peserta pawai berjalan kaki sambil melantunkan lagu nasionalisme secara serempak dan berirama.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017