Antarajabar.com - Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei tentang popularitas para kandidat calon gubernur (cagub) Jawa Barat salah satunya adalah tingkat popularitas Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Haris Yuliana yang meningkat.

"Dalam survei terbaru kami nama Haris Yuliana secara mengejutkan naik ke peringkat 10 dengan tingkat popularitas sebesar 12,6 persen, dan Iwa Karniwa yang juga naik dengan tingkat popularitas sebesar 11, 1 persen," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, dalam siaran persnya, Selasa.

Ia mengatakan dalam survei yang dilakukan dari tanggal 15-18 Juli 2017 ini dengan margin of error lebih kurang 4,0 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen ini adanya fenomena pergeseran tingkat popularitas para kandidat papan tengah kandidat Cagub Jabar seperti sosok Haris Yuliana dan Iwa Karniwa.

"Dalam survei kami, ternyata hasilnya untuk pertarungan para kandidat di papan tengah cukup menarik, karena adanya pergeseran tingkat popularitas para kandidat," kata dia.

"Dan adanya fenomena pergeseran tingkat popularitas para kandidat papan tengah itu cukup menarik, mengingat untuk para kandidat di papan atas relatif tidak mengalami pergeseran, kecuali adanya nama Agus Harimurti Yudhoyono yang muncul," kata Rico.

Menurut dia, pada pertarungan kandidat papan atas, survei menemukan tingkat puparitas 10 tokoh, antara lain Deddy Mizwar sebesar 92,8 persen, disusul Aa Gym 91,4 persen, kemudian Dede Yusuf 90,6 persen.

Lalu Rieke Dyah Pitaloka 75,1 persen, Ridwan Kamil 72,9 persen, Agus H Yudhoyono 70,3 persen, Dedi Mulyadi 42,8 persen, Puti Guntur Soekarno 28,8 persen, UU Ruzhanul Ulum 26,3 persen, dan Haris Yuliana 12,6 persen.

Selain itu, lanjut dia, survei juga menguji tingkat kepuasan masyarakat jawa Barat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat selama lima tahun ini.

Menurutnya, publik Jawa Barat sebagian besar masih merasa puas atas kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Saat kami menanyakan puas atau tidakkah anda terhadap kinerja pemerintah Provinsi Jawa barat, ternyata sebanyak 45,80 persen responden merasa puas dengan kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan sebesar 8,80 persen merasa sangat puas," kata dia.

Sedangkan yang merasa tidak puas hanya sebesar 22,50 persen, dan merasa sangat tidak puas sebesar 0,20 persen, dan yang tidak menjawab sebanyak 22,70 persen.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017