Antarajabar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat meresmikan Rumah Pintar Pemilu yang diberi nama Pojok Informasi sebagai wahana mengedukasi masyarakat tentang pemilihan umum di Kabupaten Garut.
        
"Rumah Pintar Pemilu yang diberi nama Pojok Informasi ini dapat menjadi wahana edukasi pemilu bagi masyarakat," kata Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Agus Rustandi usai peresmian Pojok Informasi di Kantor KPU Garut, Jumat.
        
Ia menuturkan, Pojok Informasi itu resmi dibuka untuk masyarakat umum khususnya Kabupaten Garut yang ingin mengetahui tentang berbagai informasi pemilu.
        
Selain Garut, kata dia, setiap KPU kota/kabupaten di Jawa Barat harus mendirikan wahana informasi pemilu bagi masyarakat sesuai program KPU Pusat.
        
"Rumah Pintar Pemilu di tiap KPU baik kota maupun kabupaten merupakan satu hal yang sangat penting bagi masyarakat," katanya.
        
Ia menjelaskan, tempat tersebut menyuguhkan berbagai informasi seperti sejarah pemilu di Indonesia, kemudian tahapan pemilu, simulasi pencoblosan bahkan data setiap hasil pemilu.
        
Ia berharap wahana edukasi pemilu itu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan pemilu di Garut, umumnya Indonesia.
         
"Kami harap dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini bisa menjadi supporting sistem lembaga yang transparan dan akuntabel," katanya.
        
Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi menambahkan, program resmi KPU Pusat itu dibuka setiap hari bagi masyarakat umum.
        
"Setiap hari kita buka dan gratis, masyarakat bisa mengakses semua informasi kecuali informasi yang di kecualikan oleh Undang-Undang," katanya.

Pewarta: Feri P

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017