Antarajabar.com - Satuan Lalulintas Polres Cianjur, Jabar, mempersiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang di ruas jalan yang akan dijadikan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di wilayah tersebut.

KTL merupakan ruas jalan yang disepakati bersama instansi terkait di bidang lalulintas dan ditetapkan melalui Perda sebagai proyek percontohan ketertiban untuk aparat terkait dalam menjalankan tugas sesuai kewenangan secara terpadu.

"Sehingga pengguna dalam memanfaatkan jalan sesuai dengan peruntukannya, sehingga lalulintas dan angkutan jalan dapat terselenggara secara selamat, aman, lancar, nyaman dan effisien," kata Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Erik melalui KBO Lantas, Iptu Muhaimin mengungkapkan, di Cianjuur, Rabu.

Dia menjelaskan, KTL yang digelar serentak di seluruh Polda Jabar, akan dilombakan dan sebagai rangkaian dari kegiatan Ops Simpatik Lodaya 2017 yang tengah digelar kepolisian."Rencananya besok tim penilai dari Polda Jabar akan datang dan melakukan penilaian lokasi KTL yang berada di ruas Jalan Mangunsarkoro," katanya.

Dia menjelaskan, sejumlah persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi penilaian KTL seperti penambahan rambu jalan yang ada disepanjang ruas jalan yang dijadikan lokasi percontohan.

"Kami juga memasang pos terpadu, marka jalan, papan petunjuk Kawasan Tertib Lalu Lintas dan sarana prasarana lainnya, dimana hal tersebut akan diterapkan selanjutnya bagi penguna jalan yang melintas di sepanjang jalur tersebut," katanya.

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kawasan Tertib Lalu Lintas perlu adanya koordinasi dan sinergitas secara terpadu dari seluruh lapiisan warga khusunya pengendara.

"Dengan koordinasi dan sinergisitas yang terjalin antar lintas sektoral, diharapkan mampu menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Cianjur," katanya.

Pewarta: Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017