Antarajabar.com - Anggota DPR RI yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi meluncurkan sebuah buku berjudul "Bersaing atau Tenggelam Indonesia Bukan Bangsa Kuli" yang terinspirasi dari lagu Iwan Fals berjudul " Si Budi Kecil".
        
"Inspirasi (membuat buku) itu datang dari mana saja, salah satunya ialah lagu 'Si Budi (Kecil) dari Iwan Fals," kata Dede Yusuf disela-sela peluncuran buku tersebut di Toko Buku Gramedia Jalan Merdeka Kota Bandung, Senin.
        
Menurut dia, sosok "Si Budi Kecil" tergambar dalam buku tersebut yakni tentang realita pendidikan di negara ini yakni masih adanya anak-anak di perkotaan yang belum bisa menikmati pendidikan.
        
"Di DKI, angka partisipasi pendidikan SMA sudah bagus, tapi masih ada anak-anak penjual koran yang belum menikmati pendidikan. Lalu di  Bandung masih banyak di lampu merah anak yang tidak sekolah," kata dia.
        
Ia menuturkan dalam judul buku tersebut terinspirasi dari judul-judul berita sebuah koran di Ibu Kota Jakarta yang ketika dirinya membaca judul berita tersebut seperti menohok hati.
        
"Saya ingin judul buku yang ketika dibaca oleh orang, orang ibaratnya akan 'keki' maksudnya ini apa. Tapi setelah di baca itu eh malah isinya warning buat kita," kata dia.
        
Dede Yusuf menuturkan kata 'bersaing' dan 'tenggelam' yang dijadikan judul pada bukunya tersebut didasarkan pada interaksi dirinya yang pernah menjabat sebagai artis, wakil kepala daerah hingga anggota legislatif.
        
"Pengalaman pribadi ketika saya kalah (Pilgub Jabar 2013), bukan sesuatu yang saya mau. Ada yang mengatakan wah habis karir Dede Yusuf. Tapi saya selalu mengatakan Tuhan menciptakan pintu rezeki tidak hanya satu," kata dia.
        
"Oleh karena itu saya masuk ke sisi pintu lain, dan alhamdulilah saya menikmati bisa masuk ke seluruh bidang ini," lanjut Dede Yusuf.
        
Lewat buku tersebut, kata dia, ia ingin menuturkan bahwa Tuhan memberikan kesempatan bagi setiap orang yang mau membuka mata-matanya lebar-lebar mencapai sesuatu sehingga bisa bersaing.
    

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017