Antarajabar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada warga karena pelaksaan Pilkada Serentak 2017 di tiga kabupaten/kota berjalan lancar.
        
"Alhmadulillah, terima kasih warga Jawa Barat, Pilkada Serentak di Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi dan Kabupaten Bekasi berjalan aman, lancar kondusif," kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Kamis.
        
Saat pelaksaan Pilkada Serentak 2017, pada Rabu (15/2) dirinya memantau langsung ke tiga kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.
        
"Ketika hari 'H' pencoblosan, saya mantau di tiga daerah, pantau kemarin saya lihat partisipasi warga untuk memberikan hak pilihnya sudah bagus, seperti di salah satu TPS yang ada di Kota Tasikmalaya, masyarakatnya tampak antusias datang ke TPS," kata Ineu.
        
Menurut dia, antusiasme warga yang datang ke TPS menandakan bahwa mereka peduli dan sadar akan hak-hak politiknya.
        
"Saya kira masyarakat sekarang sudah cerdas atau pintar-pintar ya. Jadi dengan mereka datang ke TPS, artinya mereka ikut serta menentukan pembangunan untuk lima tahun ke depan di daerahnya," kata Ineu.
        
Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang meninjau pelaksanaan Pilkada Serentak 2017, di Kabupaten Bekasi, mengatakan bahwa partisipasi masyarakat di wilayah Komplek perumahan lebih rendah dibanding partisipasi masyarakat di perkampungan.
        
Deddy menuturkan, partisipasi masyarakat di daerah komplek perumahan kurang dari 60 persen-an, sementara masyarakat perkampungan dinilai lebih antusias dengan partisipasi sekitar 80 persen.
        
"Saya lihat daerah perumahan malah partisipasinya tidak terlalu tinggi, tapi di desa 80 persen partisipasi masyarakatnya. Saya kira berbeda karakter desa di Bekasi dengan di Kabupaten lainnya, karena masalah geografi, saya kira disini bagus partisipasinya," kata dia.
        
Deddy Mizwar meninjau beberapa TPS seperti diantaranya TPS 24 Jl. Bima Blok F5 Grand Cikarang City, TPS 27 perumahan Taman Aster Kel. Telaga Asih Cikarang Barat, dan TPS 02, Dusun Buaran Desa Lambangsari Tambun Selatan.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017