Antarajabar.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sosial setempat memberikan bantuan Rp140 juta untuk korban bencana banjir yang melanda tujuh desa di Kabupaten Kuningan, Minggu (22/1).
         
"Anggaran tersebut merupakan alokasi dari APBD 2017 dan saat ini saya sedang meluncur ke Kuningan untuk memberikan satu truk bantuan  untuk korban," kata Kepala Dinsos Jawa Barat Arifin H Kertasaputra ketika dihubungi melalui telepon dari Bandung, Senin.
         
Menurut dia bantuan diprioritaskan pada kebutuhan para korban banjir di Kabupaten Kuningan seperti sembako, kasur, pakaian, dan obat-obatan serta keperluan keluarga yang lain yang saat ini sangat dibutuhkan korban.
        
"Jadi bantuan ini sebagai stok untuk melengkapi bantuan yang juga sudah dikumpulkan melalui Dinas Sosial setempat dan lembaga lainnya," kata dia.
        
Ia mengatakan bantuan dari Tagana Cirebon dan Majalengka juga membantu penanganan banjir yang terjadi pada pukul 16.30 WIB tersebut.
        
"Dan kami juga sebagian sudah ada stok di kabupaten Kuningan tapi kami bawa lagi untuk melengkapi supaya jangan sampai kekurangan," ujarnya.
        
Ketika ditanyakan tentang berapa jumlah korban yang terdampak, Arifin menuturkan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat masih berkoordinasi dengan Dinsos setempat.
         
"Akan tetapi, untuk sementara waktu dan berdasarkan laporan yang masuk kepada kami tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," kata dia.
        
Bencana banjir yang melanda di tujuh Desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sudah surut mulai dari Senin (23/1) dini hari sekitar jam 00.38 WIB, Kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan, Agusa Muludin.
        
"Sudah surut, namun masih banyak rumah warga yang terendam lumpur, akibat banjir yang terjadi pada Ahad," kata Agus di Kuningan, Senin.
   
Ia menuturkan hujan deras selama tiga jam lebih yang terjadi, mengakibatkan tujuh desa di Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, yaitu Desa Cibinbin, Citenjo, Dukuhbadag, Sindang Jawa, Sukaharja, Ciangir dan Desa Cipondok terendam banjir.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017