Antarajabar.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengunjungi dan memberikan motivasi kepada anak-anak yang menjadi penghuni Balai Perlindungan Sosial Asuhan Anak (BPSAA) Pagaden Kabupaten Subang.

"Kemarin saya ke BPSAA dan memberi motivasi anak-anak asuh agar bersemangat belajar, percaya diri dengan potensi atau bakat yang dimiliki, serta berani menggantungkan cita-cita, setinggi-tingginya." kata Deddy Mizwar dalam siaran persnya, Jumat.

Ia berpesan kepada anak-anak asuh tersebut agar tekun belajar dan memiliki cita-cita yang tinggi. "Sungguh-sungguhlah belajar, kalau perlu sampai ke perguruan tinggi sampai jadi dokter, jadi profesor," kata dia.

Ia menuturkan bahwa sesuai UUD 1945 pasal 34 ayat 1, yang menyatakan bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.

"Maka anak terlantar pun mempunyai hak hidup, hak tumbuh kembang, hingga hak partisipasi yang sama dengan anak-anak atau golongan masyarakat lainnya," katanya.

Sementara BPSAA, menjadi lembaga pengganti fungsi perlindungan dan pendampingan orang tua, yang menjalankan fungsi pengasuhan, memelihara, mendidik dan melindungi, serta menumbuh kembangkan anak secata optimal sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat.

Adapun anak asuh pada Balai ini diantaranya golongan balita terlantar, dengan kriteria 0-5 tahun, dengan kondisi tidak dipelihara, atau ditinggalkan orang tuanya serta golongan anak terlantar yang termasuk pada kategori yatim, piatu, yatim piatu terlantar dengan usia dibawah delapan belas tahun.

Sejumlah anak asuh yang telah dibina di BPSAA, diantaranya telah berhasil melanjutkan pendidikan tinggi, menyebar di berbagai universitas di Indonesia, melalui program beasiswa.

"Insya Allah dari BPSAA, tahun ajaran ini kalian bisa mendapatkan beasiswa. Jadi jangan kecil hati," ujar Deddy.

Wagub Jabar mengatakan mengurus anak- anak terlantar ini menjadi sumber kebarokahan, "Kalau setiap kita maupun instansi Pemerintah memperhatikan seperti ini, ini sumber keberkehan," kata dia.


 

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017