Antarajabar.com - Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat menyatakan selama tahun 2017 akan fokus pada pembangunan jalan akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kabupaten Majalengka dan jalanh menuju Kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi.
        
"Yang BIJB di Kertajati itu pelebaran jalan, sedangkan untuk yang di Geopark Ciletuh jalan baru," kata Kepala Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat M Guntoro di Gedung Sate Bandung, Selasa.
        
Menurut dia, akses jalan menuju BIJB sebelumnya sudah dikerjakan sepanjang 35 kilometer, tinggal menambah sisa ruas yang belum dibangun.
        
"Untuk pelebaran akses jalan ke BIJB kan sepanjang 48 kilometer. Pada tahun 2016 sudah 35 kilometer sehingga sisanya tinggal 13 km lagi," ujarnya.
        
Ia menuturkan untuk jalan menuju Kawasan Geopark Ciletuh, Pemprov Jawa Barat akan membangun ruas jalan sepanjang 33 kilometer dan akses jalan ini dimulai dari Loji, Bagbagan, Cibutun, Balewer Puncakdarma Palangpang dan Panenjoan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.
        
Menurut dia, pembangunan jalan tersebut diprioritaskan untuk mempermudah akses Geopark Ciletuh Sukabumi yang membentang sepanjang pantai sebagai penunjang pariwisata yang tengah gencar dikembangkan Jabar.
        
"Pemprov Jabar sendiri mengalokasikan anggaran Rp200 miliar dari APBD 2017. Selain dua prioritas tersebut, perbaikan dan pembangunan jalan akan dilakukan di daerah lainnya seperti Leles Kabupaten Garut, Sukamukti Kabupaten Bandung, juga Singaparna Tasikmalaya," kata dia.
        
Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan pembangunan jalan yang membentang dari Loji di Palabuhan Ratu hingga Pantai Palangpang di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, yang menjadi pusat Geopark Ciletuh, selesai akhir 2017.
        
Menurut dia, jalan berbiaya Rp200 miliar ini bisa menghemat waktu hingga 2,5 jam. Bila melalui jalur lama, biasanya wisatawan yang akan ke Geopark Ciletuh melalui Palabuhan Ratu harus menempuh waktu tiga jam, dengan jalan baru ini nanti perjalanan bisa ditempuh hanya dalam waktu setengah jam.

 
    

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017