Antarajabar.com - Sejumlah wisatawan dari Jerman melakukan aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampah yang berserakan di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu.

Aksi wisatawan Jerman itu bekerjasama dengan pegiat lingkungan dari Forum Selamatkan Pangandaran, juga melibatkan anak-anak binaan Yayasan Meraih Bintang, serta beberapa masyarakat dan wisatawan lokal lainnya.

Pegiat Lingkungan juga pendamping wisatawan Jerman, Jack Prawiranegara mengatakan, ada 20 warga negara Jerman yang membersihkan berbagai jenis sampah di kawasan Wisata Pantai Barat, Pangandaran.

Ia menyampaikan, beberapa wisatawan Jerman itu pernah datang ke Pangandaran delapan tahun lalu yang kondisi pantainya banyak sampah.

Bahkan kondisi lingkungan yang kotor itu, kata dia, tidak jauh berbeda saat ini dengan delapan tahun yang lalu.

"Mau snorkling saja, bukan ikan yang dilihat, tapi sampah," katanya.

Ia menyampaikan, harapan sejumlah wisatawan asing itu pemerintah dapat memperbanyak petugas kebersihan di kawasan Pantai Pangandaran.

"Petugas kebersihan harus banyak, biar pantai selalu bersih," katanya.

Pendamping anak-anak dari Yayasan Meraih Bintang, Rustianingsih, menambahkan, kegiatan membersihkan sampah tersebut merupakan cara yang bagus untuk mendidik anak-anak agar peduli lingkungan.

"Kegiatan ini adalah pendidikan yang baik bagi anak-anak," katanya.

Sementara itu, objek wisata Pantai Pangandaran merupakan salah satu wisata unggulan di Jawa Barat yang menyuguhkan keindahan pantai dan lautan.

Pantai Pangandaran terletak di ujung timur Jawa Barat yang berbatasan dengan Jawa Tengah atau sekitar 200 km dari Ibu Kota Jawa Barat, Kota Bandung.*

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016