Antarajabar.com -  PT Len Industri (Persero) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menandatangani kerjasama operasional perbankan dalam  pengembangan produk dan layanan bersama "Smart Kiosk Self Service Banking" untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Perangkat ini dapat lebih memudahkan dan memberikan kenyamanan serta keamanan bertransaksi keuangan seluruh calon nasabah dan nasabah BRI, khususnya di pelosok-pelosok negeri. Kami yakin, ke depan kami dapat membantu mekanisme transaksi keuangan BRI sehingga menjadi  lebih efektif dan efisien." kata Direktur Keuangan dan SDM Len Industri Tri Andayani di Bandung, Kamis.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Direktur Keuangan  dan SDM Len Tri Andayani dan Direktur Konsumer BRI, Sis Apik Wijayanto di Ruang Auditorium - Menara BRI.

Len merupakan pelopor di bidang Pembaca KTP-elektronik, dengan sinergi kedua BUMN tersebut akan menciptakan sistem terintegrasi dengan perangkat pembaca KTP elektronik (KTP-el) yang dinamakan Perangkat Smart Kiosk Self Service Banking yang merupakan hasil pengembangan di PT Len Industri (Persero).

Dengan perangkat itu  nasabah dapat melakukan transaksi secara lengkap dan mandiri seperti proses registrasi, transaksi tunai dan non-tunai ke berbagai bank di Indonesia, melakukan transaksi pembayaran seperti pulsa telepon, listrik dan lainnya.

Kelebihan Len Smart Kiosk Self Service Bsnking yang berbeda dengan mesin lainnya adalah dapat memberikan pengembalian uang tunai. Dalam contoh kasus ketika nasabah hendak melakukan transfer Rp150.000, namun uang tunai yang dimiliki adalah dua lembar uang Rp100.000, maka ketika dua lembar uang tersebut dimasukkan, maka Len Smart Kiosk akan memberikan pengembalian Rp50.000.

"Cara kerja dari perangkat ini hanya dengan menempelkan KTP-el dan sidik jari pemegang KTP-el ke fingerprint scanner maka yang bersangkutan dapat melakukan transaksi keuangan ke bank - bank nasional.

Kerjasama ini merupakan hasil peningkatan hubungan yang semakin baik dan intensif antara Len dengan BRI.

Untuk jangka panjang, Len berharap dapat menjadi partner pihak perbankan lainnya dalam pengembangan dan implementasi produk-produk aplikasi teknologi tinggi.

"Sejalan dengan komitmen Len untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk sistem informasi teknologi terbaik," kata Tri Andayani menambahkan.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016