Antarajabar.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menandatangani kerja sama penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang digelar di Gedung PTKAI Daop II Bandung, Jumat.

"Selain kerja sama penyaluran CSR, PNM juga akan melakukan pendampingan dalam upaya pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dibantu oleh PT KAI," kata Direktur Keuangan PT KAI Didiek Hartantyo.

Menurut Didiek kerja sama dilakukan untuk mempercepat penyaluran dana CSR sekaligus mengawal agar program bisa berjalan sesuai target.

Ia mengatakan tahun ini menyiapkan dana CSR sebesar Rp69 miliar, namun baru disalurkan kurang dari satu persen yakni hanya Rp2,4 miliar.

PT KAI bekerja sama dengan PT PNM melakukan penandatanganan nota kesepahaman program PK dan BL dalam memberikan bantuan kepada 10 petani di Ciwidey Jawa Barat yang dikelola oleh koperasi Al Ittifaq Kampung Ciburial Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Ciwidey melalui Program Kemitraan (PK) dengan besaran masing masing Rp50 juta kepada 10 Petani , total Rp500 juta.

Bentuk sinergi yang dijalankan adalah PT KAI menjadi penyedia modal atau penyandang dana melalui Program Kemitraan sementara PT PNM (Persero) bertanggungjawab atas seleksi administrasi , survey lapangan , monitoring dan membantu penagihan kepada UMKM Mitra Binaan.

Sementara itu Direktur Bisnis Mikro PT PNM Lukman Rizal mengatakan kerjasama dengan PT KAI lebih banyak untuk pembinaan dan pendampingan UKM agar bisa berkembang maju.

"Dana dari KAI, kami membantu penyaluran dan sekaligus pendampingan. Sebab memang bantuan harus diberikan pendampingan agar tepat program," katanya menambahkan. 


Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016