Antarajabar.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Ferry Mursyidan Baldan meresmikan Kantor Berjalan BPN Kota Bandung berupa mobil khusus dari hibah Pemerintah Kota Bandung, di kawasan Pasar Induk Caringin Kota Bandung, Kamis.

"Dengan ucapan Bismillahirahmanirrahim, saya atas nama Menteri ATR/BPN dan kolaborasi Wali Kota Bandung dengan ini resmi untuk memulia beroperasinya mobil berjalan Kantor Berjalan BPN Kota Bandung," kata Ferry Mursyidan Baldan.

Ia mengatakan mobil /Kantor Berjalan BPN Kota Bandung tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan antara BPN dengan Pemkot Bandung terkait pelayanan kemudahan mengurus surat-surat tanah bagi warganya.

"Akhirnya kita harus bergerak, istilahnya `menjemput bola` salah satunya melalui layanan terintegrasi ini," kata dia.

Ia juga terkesan dengan keberadaan mobil berjalan/Kantor Berjalan BPN Kota Bandung tersebut karena memperlihatkan keindahahan dan keyakinan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Dan justru yang berat ialah bagaimana memelihara mobil ini agar tetap kinclong dan dalamnya tetap sejuk dan pelayanannya tetap bagus. Ini menjadi perhatian kita semua," kata dia.

Ia juga berpesan kepada warga agar melaporkan kepada kantor BPN jika mobil tersebut tidak bergerak atau hanya diam di satu tempat saja.

"Jadi mobil ini tidak banyak diam di kantor. Kalau diam dikantor silakan tegur petugasnya oleh warga. Mobil ini harus bergerak. Makanya ada jadwalnya," kata dia.

Usai meresmikan Kantor Berjalan BPN Kota Bandung, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN meresmikan Kantor Layanan Pertanahan Bersama di Jalan Ir H Djuanda Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurut dia Kantor Layanan Bersama ini merupakan inovasi baru pelayanan yang dilakukan oleh lima kantor Pertanahan se-Bandung Raya, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan Kota Bandung.

"Inovasi tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen pertanahan. Langkah itu juga sebagai bentuk pelayanan pertanahan, dan kita lakukan langkah-langkah yang lebih proaktif lagi kepada masyarakat," kata dia.

Ia menambahkan Kantor Layanan Pertanahan Bersama merupakan terobosan BPN untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Di Indonesia sendiri merupakan kali pertamanya Kantor Layanan Pertanahan Bersama ini dilakukan.

Sementara itu Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil mengatakan keberadaan mobil berjalan/Kantor Berjalan BPN Kota Bandung tersebut mewakili tiga semangat yang dimiliki oleh Pemkot Bandung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warganya.

"Tiga semangat Kota Bandung adalah inovasi, kolaborasi dan desentralisasi. Dan keberadaan mobil berjalan ini merupakan bagian semangat desentralisasi dari Pemkot Bandung," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016