Antarajabar.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menandatangani dokumen kerjasama kesepakatan pembentukan kerjasama persahabatan dengan Provinsi Sichuan Tiongkok, di Gedung Sate Bandung, Senin, yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Wakil Gubernur Provinsi Sichuan Liu Jie.
        
"Kerjasama ini akan segera direalisasikan dan diimplementasikan, banyak kita kerja sama dengan yang lain. Misalnya dengan Australia. Tapi diam saja di kertas dan baru sekarang ini dari tahun 90 an, Australia datang dan mulai merealisasikan," kata Deddy Mizwar, Senim.
        
Dalam kunjungan tersebut Provinsi Sichuan Tiongkok membawa dua perwakilan perusahaan yang bergerak elektronik dan mereka menyatakan tertarik untuk menjajaki investasi di sejumlah sektor seperti industri penerbangan (Aerocity Bandara Kertajati) dan industri kreatif.
        
Ia menjelaskan dokumen kerjasama tersebut akan berfokus pada kerja sama di bidang pengembangan riset, ilmu pengetahuan, teknologi di bidang pertanian, promosi pariwisata, perdagangan dan investasi, pembangunan kapasitas untuk PNS, seni budaya dan sebagiannya untuk mewujudkan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat.
        
"Kunjungan kerja wakil Gubernur Sichuan kali ini adalah dalam rangka meningkatkan dan memperdalam komunikasi mengenai inisiasi pembentukan kerjasama persahabatan," kata dia.
        
Menurut dia, terdapat persamaan potensi di kedua wilayah, yaitu sebagai basis industri, jumlah populasi penduduk yang tinggi, sumber daya alam yang melimpah, serta berbagai destinasi wisata dan kebudayaan yang menarik.
        
"Sehingga untuk menindak lanjuti kerjasama ini, pemerintah provinsi Jawa Barat telah menunjuk biro otonomi daerah dan kerjasama sebagai penghubung. Adapun pemerintah Provinsi Sichuan telah menunjuk Department of Foreign and Overseas Chinese Affairs, Sichuan Provincial People's Government sebagai penanggung kerjasama tersebut," katanya.
        
Akan tetapi meskipun kerjasama ini adalah GtoG, kata dia, namun diharapkan peran serta entitas bisnis untuk dapat mendorong dan berkontribusi positif terhadap kerjasama yang telah diinisiasi pemerintah kedua daerah.
        
Dikatakan dia kerjasama antara pemerintah provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi Sichuan ini adalah dalam rangka realisasi grand design kerjasama daerah Provinsi Jawa Barat Periode tahun 2015-2018 yaitu pengembangan rencana dan implementasi kerjasama dengan pemerintah daerah/lembaga asing di kawasan asia timur dan pasifik yang merupakan konsentris pertama politik luar negeri RI.
        
"Mereka (Provinsi Sichuan) merupakan salah satu provinsi di bagian selatan republik rakyat Tiongkok. Provinsi Sichuan merupakan mitra kerja sama yang starategis bagi provinsi Jawa Barat, mengingat provinsi ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan provinsi Jawa Barat," katanya.
    

Pewarta: Ajats

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016