Antarajabar.com - Kerajinan rotan yang berada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali menapaki pasar ekspor yang dulu sempat berjaya dan kini perlahan kerajinan rotan asli Cirebon bangkit lagi.
        
"Setelah bahan baku rotan dilarang untuk diekspor, kini para perajin rotan yang ada di Cirebon perlahan kembali bangkit untuk memasuki pasar ekspor," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindang) Kabupaten Cirebon, Erry Achmad Husaeri di Cirebon, Senin.
        
Kembalinya industri rotan di Cirebon adalah salah satu bukti bahwa Cirebon masih bisa mempunyai kerajinan yang bisa di ekspor.
        
Pihaknya juga menuturkan, berupaya menjadi salah satu pengekspor kerajinan rotan yang menyeluruh, dimana dulu Cirebon terkenal dengan hasil kerajinan rotannya dan sempat berjaya pasar Internasional.
       
Ia menambahkan untuk kerajinan rotan memang setelah perijinan ekspor bahan naku dicabut, perajin Cirebon kembali bergairah dan dari data yang dimilikinya sekarang ini mengalami kenaikan.
       
"Ada kenaikan ekspor rotan setiap tahun setelah adanya pencabutan izin ekspor bahan baku dicabut," tanbahnya.
       
Kerajinan rotan asal Cirebon, sekarang ini sudah menembus pasar Eropa, Amerika dan Timur Tengah dan persaingan di kerajinan rotan juga sudah tidak sekuat dulu.
        
"Ekspornya itu ke negara Eropa, seperti Jerman, Belanda, dan masih banyak yang lain," katanya.

Pewarta: khaerul

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016