Antarajabar.com - Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat menyatakan sepanjang tahun 2015 telah memperbaiki 1.900 Km jalan provinsi yang mengalami kerusakan.
       
"Kalau perbaikan jalan, itu sekitar 1.900 Km dan kalau untuk pembangunan jalan baru selama tahun 2015 itu sekitar enam Km. Itu jalannya lebar dan besar," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro, di Kota Bandung, Minggu.
       
Perbaikan jalan provinsi selama tahun 2015 dilakukan di enam wilayah diantaranya kawasan Bandung Raya, Cianjur, Sukabumi, Garut, Tasikmalaya dan Cirebon.
        
Ia mengaku realisasi proyek yang ada di Dinas Bina Marga Jawa Barat pada tahun 2015 mencapai 100 persen. "Alhamdulillah, seluruh kerjaan semuanya selesai 100 persen di tahun kemarin," kata dia.
        
Sedangkan untuk realisasi kemantapan jalan di Jabar saat ini, menurut dia, sudah mencapai 97 persen dan dengan berbagai program peningkatan jalan dapat mencapai 98 persen.
        
Menurut dia untuk mengejar target tersebut berbagai langkah sudah diimplementasikan dan untuk merealisasikan pembangunan jalan pelaksanaannya berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat.
        
Ia mengatakan sebagai tindak lanjut dari koordinasi itu saat ini sejumlah jalan provinsi di Jawa Barat kini menjadi jalan  nasional seperti Jalan Cimareme, Soreang Ciwidey sampai Cidaun dan jalan provinsi di  Kuningan ke arah Ciamis.
        
"Terkait pengelolaan jalan apakah oleh kami atau pusat tidak ada masalah karena yang utamanya adalah memberikan kualitas jalan terbaik untuk masyarakat," kata dia.
        
Lebih lanjut ia mengatakan untuk tahun  2016, beberapa jalan yang siap dibangun oleh pemerintah adalah akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Kabupaten Majalengka.
        
"Jalan tersebut yakni meliputi dari Kadipaten sampai Jatibarang, kemudian tahun 2015 kami juga akan membangun jalan Sukabumi Lingkar," kata dia.

Pewarta: Ajat S

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016