Antarajabar.com - Kota Cirebon, Jawa Barat akan dijadikan kota percontohan pengelolaan sampah di Indonesia karena mampu mengelola sampai dengan baik.
        
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Agus Saefudin di Cirebon, Sabtu, mengatakan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah Kota Cirebon akan menjadikan Cirebon sebagai salah satu kota percontohan untuk pengolahan sampah karena sekarang ini pengolahan sampah di kota-kota besar belum maksimal.
        
"Kami jadikan Cirebon Kota pengolah sampah karena sampah-sampah yang dari perumahan maupun yang lainya bisa dikelola dengan baik," kata Agus.
        
Ia juga menuturkan sampah jika dikelola dengan baik akan dapat menadi sebuah komoditas yang sangat menguntungkan, dimana hal ini perlu dikembangkan dan dilakukan untuk bisa mengelola sampah, baik itu yang organik maupun nonorganik.
        
"Di beberapa negara maju sampah sudah menjadi komoditas yang menguntungkan dan di Indonesia harus bisa menangani sampah dan mengolahnya," katanya.
        
Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron menambahkan sampah harus diprogramkan dan menjadi prioritas di perkotaan jika tidak dikelola, maka akan menjadi persoalan yang dampaknya tidak baik dan sampah harus dikelola dengan sebaik mungkin.
        
"Sampah bisa bernilai kalau diprogramkan dan dikelola dengan baik," ujarnya.
        
Ia mengatakan seharusnya Pemerintah Kota Cirebon merespon dengan baik atas dipilihnya Cirebon menjadi salah satu percontohan pengolahan sampah dan itu mesti ditindak lanjuti oleh Pemkot.
        
"Tindak lanjut Pemkot sangat dibutuhkan untuk kota Cirebon sebagai kota percontohan pengolahan sampah," ujarnya.

Pewarta: khaerul

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015