Antarajabar.com - Bunga-bunga berwarna kuning pohon karet belanda mewarnai dan mempercantik kawasan Jalan Braga Kota Bandung, Jumat.
       
"Semua pohon di sini 'kompak' berbunga berwarna kuning, memberi warna tersendiri kawasan Braga. Ini baru pertama pohon ini berbunga lebat," kata Ferry, salah seorang warga Braga Kota Bandung.
       
Puluhan pohon karet asal Belanda itu berjejer di kiri kanan Jalan Braga dan memunculkan bunga berwarna kuning pada ujung ranting-rantingnya.
        
Meski beberapa pohon tumbuh kurang subur, namun tidak kalah dengan pohon yang lebih besar dan tetap berbunga memberi warna bagi jalan yang cukup terkenal di Kota Bandung itu.
        
"Sudah sepekan ini bunga-bunga ini mewarnai Jalan Braga," katanya.
         
Momen berbunga itu dimanfaatkan oleh sejumlah pasangan calon penganting untuk mengambil foto 'pra-weeding" di tempat itu, dimana difoto di Jalan Braga dengan pohon berbunga kuning termasuk momen langka.
         
"Ya kebetulan pohonnya berbunga, kami beruntung bisa mendapatkan momen ini," kata salah Rizaldi, salah seorang calon pengantin yang berfoto di kawasan Braga.
        
Sejumlah warga dan wisatawan juga tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk berfoto dengan latar pohon berbunga kuning itu.
         
Pohon karet belanda itu ditanam pada tahun 2005 untuk mempercantik Kota Bandung khususnya Jalan Braga terkait dengan peringatan Konferensi Asia Afrika ke-50. Sejumlah pohon yang kerdil diganti beberapa tahun kemudian.
         
Pohon karet belanda merupakan salah satu pohon yang cukup langka sehingga memberi nilai tersendiri bagi kawasan jalan yang dikenal tempat jalan-jalan para wisatawan yang datang ke Kota Bandung.
        
Pada musim kemarau pohon itu dipelihara dengan cara disiram setiap pagi oleh petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung sehingga tetap subur dan tumbuh. 

Pewarta: Syarif

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015