Sejumlah kreasi dan inovasi yang dibuat pemuda asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditampilkan sebagai bukti peran aktif pemuda dalam membangun daerah melalui acara Pameran Kepemudaan 2024 sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun Ciamis, Senin.

Sekretaris Daerah Pemkab Ciamis Andang Firman Triyadi yang membuka acara tersebut mengapresiasi kaum muda dari berbagai kecamatan di Ciamis yang sudah menunjukkan hasil karyanya untuk dipamerkan sebagai bentuk semangat juang pemuda.

"Ini adalah bentuk kreasi, inovasi, dan karya nyata dari para pemuda Kabupaten Ciamis yang terus terlibat dalam aktivitas pembangunan," kata Andang.

Ia menuturkan peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Ciamis diselenggarakan dengan sejumlah kegiatan di antaranya menggelar pameran kreativitas dan inovasi para pemuda daerah.

Andang mengapresiasi seluruh pemuda dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pameran anak muda, karena kegiatan itu tidak sekadar pamer, melainkan wujud semangat dan peran aktif pemuda dalam membangun daerah.

"Terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya para pemuda yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Pameran Kepemudaan 2024 ini," katanya.

Ia berharap pameran tersebut menjadi langkah awal dalam mengembangkan pameran yang lebih besar dan berkelanjutan sebagai dukungan terhadap produk-produk lokal karya pemuda.
Produk anak muda seperti sektor kuliner maupun karya seni yang unik dan memiliki nilai jual itu, kata dia, dapat memberikan keuntungan sehingga bisa memperkuat ekonomi masyarakat.

Ia menambahkan, acara tersebut tidak hanya menjadi tempat untuk memamerkan hasil karya, tapi dapat meningkatkan semangat wirausaha dan kemandirian para pemuda untuk menciptakan produk-produk kreatif.

"Mudah-mudahan di masa mendatang pameran ini menjadi cikal bakal lahirnya produk-produk lokal yang memiliki nilai jual, dan dapat memperkuat ekonomi masyarakat Ciamis," katanya.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2024 tingkat Ciamis itu, Andang menyampaikan bahwa peringatan tersebut merupakan momentum kebangkitan bagi para pemuda-pemudi di Kabupaten Ciamis.

Menurut dia, pemuda sebagai generasi penerus yang akan memimpin bangsa nanti, untuk itu harus senantiasa mengembangkan potensi, kreativitas, dan inovasi yang positif dalam mendukung dan mewujudkan pembangunan daerah.

Ia mengajak anak muda untuk kembali mengenang dan mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda yakni semangat persatuan dan kesatuan dalam mencapai tujuan pembangunan bangsa.

Khususnya dalam momentum kali ini sedang ada pesta demokrasi yakni pemilihan bupati-wakil bupati, dan pemilihan gubernur-wakil gubernur, kata dia, seluruh anak muda harus menyukseskannya dan menyalurkan suara pada pencoblosan yang diselenggarakan 27 November 2024.

"Pada kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Ciamis agar pada 27 November nanti agar sama-sama datang ke TPS untuk dapat menyalurkan hak pilihnya," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024