Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bersama Polresta Cirebon mengenalkan program makan bergizi gratis di salah satu sekolah terpencil di daerah itu dengan membagikan 64 paket makanan untuk siswa.
 
Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya di Cirebon, Jumat, mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah dan Polresta Cirebon sebagai bentuk dukungan terhadap program nasional untuk peningkatan gizi anak.
 
Ia menyebutkan sekolah tersebut berada di Kampung Pagar Gunung, Kecamatan Dukupuntang yang merupakan daerah perbatasan antara Cirebon dan Kabupaten Majalengka.
 
Program ini, kata dia, dilaksanakan sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap pendidikan dan kesehatan anak-anak di wilayah terpencil.
 
“Pengenalan program makan bergizi gratis sudah dilakukan di SD Negeri 3 Cipanas yang merupakan salah satu sekolah terpencil di Cirebon,” katanya.
 
Wahyu menyampaikan kunjungannya ke sekolah tersebut bukan hanya untuk mendistribusikan makanan bergizi, tetapi juga memberi motivasi kepada para siswa agar semakin bersemangat dalam belajar.
 
Dengan jumlah siswa yang hanya 64 orang, pihaknya berharap para peserta didik di SD Negeri 3 Cipanas tetap berprestasi dan tidak merasa tertinggal dari sekolah lainnya.
 
Ia juga menyebutkan program pemberian makanan bergizi gratis ini, dapat menginspirasi berbagai pihak untuk lebih memperhatikan kondisi anak-anak yang tinggal dan menempuh pendidikan di sekolah terpencil.

“Kami ingin memastikan semua anak memiliki hak yang sama untuk menerima gizi dan pendidikan berkualitas, di mana pun mereka berada,” katanya.
 
Sementara itu Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol Sumarni menuturkan pemilihan SD Negeri 3 Cipanas sebagai lokasi program bantuan ini, didasarkan pada letak sekolah yang berada di daerah ujung Kabupaten Cirebon dan sulit dijangkau.
 
Sekolah ini, menurutnya, termasuk salah satu yang paling terpencil di Cirebon, sehingga program ini diharapkan dapat membantu para siswa agar memperoleh asupan gizi yang cukup.
 
“Langkah ini sekaligus menjadi dukungan Polresta Cirebon terhadap program pemerintah pusat yang berfokus pada peningkatan gizi anak-anak sekolah, demi mempersiapkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas,” tuturnya.
 
Ia menambahkan paket makanan yang diberikan terdiri dari menu bernutrisi mulai dari nasi, daging teriyaki, telur bulat, sayuran, buah jeruk, susu, puding hingga air mineral.
 
“Harapannya, sajian ini dapat memotivasi anak-anak untuk terus belajar dan menjadi generasi yang sukses di masa depan,” kata Sumarni.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Cirebon beri makanan bergizi gratis di sekolah terpencil

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024