Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mengagendakan dua kali kegiatan debat publik pasangan calon bupati-wakil bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sebagai salah satu upaya untuk menyampaikan visi misi kepada masyarakat.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Bandung, Abdur Rozaq mengatakan sesi debat pertama akan berlangsung pada 30 Oktober 2024, sedangkan debat kedua dijadwalkan pada 20 November 2024.

“Tempat debat sesuai hasil pembicaraan dari para pimpinan komisioner, kami akan mengadakan kegiatan ini di salah satu hotel di Kabupaten Bandung,” kata Rozaq di Kabupaten Bandung, Kamis.

Rozaq mengungkapkan KPU saat ini membentuk tim perumus yang melibatkan praktisi hingga akademisi untuk bertugas merumuskan tema debat tersebut.

Proses perumusan debat ini juga, kata dia, akan melibatkan diskusi dengan pemerintah daerah, terutama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung untuk memastikan tema yang diangkat sesuai dengan target pemerintah daerah setempat.

“Tema yang mau diangkat nanti memang sudah signifikan atau sesuai dengan apa yang memang perlu untuk diangkat di Kabupaten Bandung. Nah nanti diteliti oleh tim perumus yang akan merumuskan tema tersebut, bersama KPU,” kata dia.

Rozaq menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Bandung sudah mengantongi nama-nama yang akan mengisi tim perumus dan panelis dalam sesi debat tersebut.


“Sebagai panelis nanti mungkin yang memberikan pertanyaan ataupun rangkuman pertanyaan dari masyarakat Kabupaten Bandung kepada para pasangan calon,” katanya.

Dia mengatakan KPU Kabupaten Bandung juga berencana untuk menyiarkan kegiatan debat tersebut pada salah satu siaran televisi guna memberikan kesempatan bagi para kandidat untuk menyampaikan visi dan misi mereka secara jelas kepada masyarakat.

“Debat diharapkan menjadi sarana sosialisasi dan pendidikan politik untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Bandung. Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk stasiun TV yang akan menyiarkan debat ini," katanya.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024