Antarajabar.com  -  Cimahi Creative Assosiation (CCA)  mendorong perkembangan produksi dan industri kreatif animasi untuk mewujudkan Anime City sebagai penguatan julukan Cyber City.

"Pengembangan industri IT di setiap kota sama, namun produk animasi akan menjadi pembeda bagi Kota Cimahi yang hadir untuk memperkuat citra Cyber City," kata Pengagas CCA Irvan SP di Bandung, Jumat.

Ia menyebutkan Kota Cimahi lebih dikenal animasinya karena mempunyai kegiatan rutin "Baros International Animation Festival (BIA FEST) yang sekarang sudah memasuki tahun ketiga dan merupakan festival animasi internasional pertama di Indonesia.

"BIA FEST menjadi salah satu event terbesar di Indonesia dan menjadi agenda rutin di dunia animasi global,"katanya.

Kota Cimahi banyak mendapatkan penghargaan dengan hasil kolaborasi CCA dan Pemerintah, salah satunya prestasi di bidang animasi juara Festival Film Indonesia. Disamping itu masih banyak pencapaian yang belum dicapai mengingat keterbatasan SDM.  

Namun karena kecintaan profesi dan keinginan untuk maju, kata Irvan komunitas dan anggota bersemangat untuk menjalankan kegiatan-kegiatan itu. Supaya industri animasi berkembang karena bidang animasi telematika sebagai unggulan industri masa depan, dan memang berteknologi tinggi dan berbiaya  mahal, Irvan mengatakan memang agak kurang cepat perkembangannya karena memang membutuhkan modal yang banyak.

Manfaat sebagai Cyber City, Cimahi menjadi semakin dikenal artinya ada potensi orang-orang untuk datang ke Kota Cimahi. Sehingga Kota Cimahi dapat memanfaatkan kegiatan-kegiatan tersebut untuk pariwisata, investasi, dan mengembangkan IT dan animasi di support oleh berbagai bidang.

"Selama ini orang  lebih suka ke Bandung , dan kini didorong untuk  masuk Cimahi menjadi paket kunjungan dengan keunggulan  Cyber City melalu Anime City nya," kata Irvan menambahkan.

Pewarta: Selika

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015