Iran berhak membela diri dalam menghadapi potensi konfliknya dengan Israel, kata Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan.

"Turki telah secara aktif bekerja selama 20 tahun terakhir untuk mempromosikan perdamaian dan mencegah konflik," katanya, seperti dikutip surat kabar Dunya, Kamis (17/10).

Fidan menambahkan bahwa Turki sama sekali tidak mendukung konflik apapun yang melibatkan Iran, terutama yang berpotensi meningkat menjadi perang.

"Kami sepenuhnya menentang hal ini, tetapi jika Iran melakukan tindakan bela diri, tentu saja itu adalah hak mereka," katanya.

Menurut Fidan, konflik Israel-Iran harus dianggap sebagai skenario yang sangat mungkin terjadi, dan ia menyerukan negara-negara di kawasan untuk menilai kemungkinan ini dengan cara yang sama.

Awal pekan ini, The Washington Post, mengutip pejabat Israel, melaporkan bahwa Israel mungkin akan menyerang Iran dalam beberapa hari mendatang, namun belum ada keputusan akhir terkait target serangan tersebut.

Pada 1 Oktober, Iran melancarkan serangan rudal besar-besaran ke Israel sebagai tindakan bela diri. Militer Israel menyatakan Iran menembakkan sekitar 180 misil balistik namun sebagian besar berhasil dicegat.


Pihak Iran mengklaim bahwa rudal-rudal tersebut mengenai sasaran militer Israel, sedangkan Israel menyebut kerusakan yang terjadi "minimal."

Rejim Zionis yang melakukan genosida tiada henti di Jalur Gaza, Palestina, itu berjanji akan melakukan pembalasan. Sementara Amerika Serikat menyatakan akan mendukung Israel.



Sumber: Sputnik-OANA

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Turki: Iran berhak membela diri hadapi potensi konflik dengan Israel

Pewarta: Primayanti

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024