Pemerintah Kota Tasikmalaya berhasil meraih 16 penghargaan tingkat regional Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun nasional selama 2024 sebagai bukti pemerintah daerah mendapatkan penilaian tentang kinerja dalam pelayanan publik yang terbaik dan maksimal.

"Berbagai penghargaan yang telah diterima Kota Tasikmalaya pada tahun 2024 setidaknya ada 16 penghargaan, baik skala regional maupun nasional," kata Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah saat memperingati Hari Ulang Tahun ke-23 Kota Tasikmalaya di Balai Kota Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan Kota Tasikmalaya yang saat ini sudah berusia 23 tahun merupakan masa-masa peralihan yang akan menentukan tujuan dan petualangan dalam kehidupan atau sedang dihadapkan pada berbagai pilihan yang akan menentukan masa depannya.

Kota Tasikmalaya saat ini, kata dia, merupakan berkat jasa-jasa orang terdahulu yang sudah berkontribusi mengabdikan dirinya untuk membangun Kota Tasikmalaya menjadi lebih baik.

"Atas jasa dan pengabdian terbaik dalam membangun Kota Tasikmalaya serta kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya yang dengan tulus dan ikhlas telah memberikan sumbangsih demi kemajuan Kota Tasikmalaya," katanya.

Ia menyebutkan selama usia itu telah banyak prestasi yang diraih, khususnya selama tahun 2024 mendapatkan 16 penghargaan di beberapa sektor, terakhir sebagai salah satu dari dua daerah di Indonesia mendapatkan penghargaan pada peringatan International Day of Awareness of Food Loss and Waste.

Penghargaan itu, kata dia, diberikan oleh Badan Pangan Nasional kepada Kota Tasikmalaya sebagai daerah Terinovatif Dalam Penyelamatan Pangan melalui programnya Bagi-bagi Kumpulan Makanan (Bakul) Tasik.
Ia mengatakan seluruh penghargaan yang sudah diraih Kota Tasikmalaya itu bukan sebuah akhir, atau satu-satunya tujuan, tetapi ada tujuan lain yang menjadi utama di antaranya mewujudkan kenyamanan, ketertiban, dan keamanan.

"Penghargaan dan hasil pembangunan yang telah dicapai bukanlah satu-satunya tujuan, namun kenyamanan, ketertiban, rasa aman serta kondusivitas merupakan hal penting yang harus menjadi tujuan utama kita bersama," katanya.

Ia menambahkan keberhasilan lainnya yang dicapai Kota Tasikmalaya yakni angka kemiskinan yang tercatat 11,10 persen tahun 2024 lebih rendah dibanding tahun 2023 yang tercatat sebesar 11,53 persen.

Selanjutnya indeks pembangunan manusia sebesar 75,47 poin meningkat dari tahun 2022 yang tercatat sebesar 74,84 poin. Kemudian laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,96 persen meningkat di tahun 2024 dibandingkan tahun 2022 yang tercatat sebesar 5,01 persen.

Capaian lainnya penurunan angka pengangguran sebesar 6,55 persen dari tahun 2022 yang tercatat sebesar 6,62 persen. Selanjutnya nilai inflasi yang semakin terkendali di angka 2,84 persen setelah di tahun 2022 tercatat sebesar 6,65 persen.

"Beragam capaian prestasi penghargaan maupun indikator makro yang diraih Pemerintah Kota Tasikmalaya, tentu bukan hanya hasil kerja pemerintah saja, melainkan semua ini hasil kerja bersama seluruh lapisan masyarakat," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024