Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman menekankan pentingnya pengelolaan sampah secara mandiri dengan memanfaatkan ragam teknologi inovatif untuk mengurangi pengiriman sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Caranya dengan memanfaatkan teknologi tepat guna pengolahan sampah. Misalnya dengan insinerasi, komposting, ataupun teknik pemrosesan lainnya,” kata Herman di Bandung, Jumat.

Baca juga: Pj Gubernur Jabar meminta bantuan Unpad selesaikan permasalahan sampah

Herman menegaskan bahwa pengelolaan sampah harus dilakukan dengan bijaksana, dan yang sangat harus dihindari yakni membuang sampah atau limbah apapun ke sungai.

“Banyak teknologi (pengelolaan sampah), sehingga nanti sampah yang dikirim ke TPPAS Sarimukti bisa minimal, Sungai Citarum bersih, hingga akhirnya tidak terjadi ledakan sampah di Bandung Raya,” ucapnya.

Dirinya berharap peran aktif semua pihak akan sejalan pula dengan upaya normalisasi Sungai Citarum oleh Satgas Citarum Harum, yang sampai hari ini tidak pernah lelah bekerja.

"KIta adumaniskan pengolahan sampah di hulu, dengan program Citarum Harum. Jadi jangan sampai sampahnya tidak dibuang ke TPPAS Sarimukti tapi malah dibuang ke Citarum, tidak boleh, jadi harus dikelola dengan arif dan bijak mulai dari rumah tangga," katanya.

Selain itu, dirinya telah menginstruksikan kepada setiap kantor pemerintah agar menghitung pemberian konsumsi di setiap kegiatan sehingga makanan yang habis tidak menjadi sampah organik.


"Sampah kantor lebih dari 50 persen, itu makanan yang ada pada konsumsi. Kota Bandung saya minta semua organisasi perangkat daerah (OPD) wajib bebas sampah makanan," kata dia.

Herman juga menyarankan agar rumah makan, restoran hingga kafe untuk melakukan pengelolaan sampah lebih masif kembali.

Di samping itu, ia mengatakan unsur kewilayahan sebagai ujung tombak masyarakat harus masif memberikan edukasi.

“Gerakan yang sedang kami lakukan saat ini adalah pengelolaan sampah yang bijak, mulai dari mengurangi, memanfaatkan, hingga mendaur ulang sampah,” kata dia.

Baca juga: Sekda Jabar: Perlu langkah cepat bagi potensi krisis sampah cekungan Bandung

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024