Antarajabar.com - Dokter kecil atau "Dokcil" merupakan bagian dalam meningkatkan pola hidup sehat sejak dini, kata Pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Kota Bandung, Atalia Kamil di Bandung, Senin.

"Dokter kecil bukan berperan bagi diri mereka sendiri, tapi juga membawa dampak positif bagi teman sebayanya, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, mereka  harus menjadi mata rantai untuk membantu menumbuh kembangkan pola hidup sehat dan bersih," kata Atalia.

Atalia menambahkan hadirnya dokter kecil dalam tingkat sekolah diharapkan membawa dampak perubahan pola hidup sehat sejak dini. Selain itu, dokter kecil  yang merupakan bagian dari sekolah diharapkan dapat meningkatkan lingkungan sekolah yang sehat, pengetahuan, sikap, dan hidup sehat.

"Penciptaan lingkungan sekolah yang sehat, budaya pencegahan dan pemahaman hidup sehat perlu ditingkatkan bagi anak-anak sedini mungkin," kata Atalia

Ia menyebutkan hingga saat ini tidak ada hambatan atau kendala berarti terkait dokter kecil di Kota Bandung. Hal ini karena kerjasama dari semua pihak, baik Pemkot Bandung, dinas terkait, sekolah, orangtua, dan dari anak-anak yang berintegrasi dan bergerak bersama-sama.

"Namun perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi peran mereka dalam masyarakat. Agar anak-anak dapat menebar kebaikan di seluruh Kota Bandung," katanya.

Selain itu, Atalia mengatakan saat ini Kota Bandung sedang mempersiapkan Andi dokter kecil asal SD Andir Kidul, Kota Bandung yang akan mengikuti lomba dokter kecil tingkat nasional mewakili Jabar.

"Andi pada tahun 2014 mewakili Bandung pada tingkat Provinsi Jawa Barat dan menang. Kami harapkan, dia dapat mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional dengan hasil memuaskan," kata Atalia menambahkan.

Pewarta: Wanda

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015