Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat bersama Palang Merah Indonesia (PMI) setempat optimistis dapat menghimpun dana sebesar Rp1,3 miliar melalui program bulan dana kemanusiaan PMI 2024.

“Pada program ini kami dan PMI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam mendukung berbagai kegiatan kemanusiaan di daerah,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon Hilmy Riva’i di Cirebon, Jumat.

Baca juga: PMI Cirebon giatkan sosialisasi tentang donor darah

Ia menjelaskan sejumlah pihak termasuk lembaga pendidikan dan dunia usaha sudah menyatakan kesiapan untuk menyumbangkan dana serta menyukseskan pelaksanaan program ini yang berlangsung dari September hingga November 2024.

Dana yang terkumpul, kata Hilmy, nantinya digunakan untuk berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti bantuan air bersih saat musim kemarau serta penanganan korban banjir di musim hujan.

Dia menyebutkan bahwa PMI Cirebon tidak hanya fokus pada donor darah, tetapi juga terlibat dalam berbagai aksi kemanusiaan lainnya.

“Kami optimistis target Rp1,3 miliar ini tercapai. Kali ini, tak hanya lembaga pendidikan saja, tetapi perusahaan-perusahaan juga menyambut baik program ini,” katanya.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana menyebutkan program ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan menunjang operasional PMI, termasuk untuk pembinaan relawan dan Palang Merah Remaja (PMR).
Adapun praktiknya, tambah dia, penggalangan dana dilakukan melalui kupon yang didistribusikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai surat edaran yang diterbitkan.

Sri mengungkapkan bahwa masyarakat umum, bisa menyalurkan donasi melalui rekening yang sudah disediakan. Program ini diharapkan dapat berjalan lancar dan menghimpun dana sesuai target.

“Dana ini tidak hanya untuk penanganan bencana, tapi juga untuk pembinaan relawan. Kami mengajak partisipasi masyarakat untuk mendukung program ini,” ujar Sri.

Baca juga: Terapi plasma konvalesen di Kabupaten Cirebon kantongi sertifikat CPOB

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024