Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Akbar Habibie menyambangi Kantor DPW PPP Jawa Barat di Bandung pada Jumat (20/9), guna menyerap aspirasi dari para simpatisannya dengan salah satu isu yang disinggung adalah mengenai kondisi pertanian di Jawa Barat.

Dalam keterangan di Bandung, Sabtu, serapan aspirasi pada diskusi bertajuk Kolokium Politik itu, Ilham mengatakan memang beberapa waktu terakhir ada masalah ekonomi yang terjadi termasuk di Jawa Barat yang didapuk sebagai lumbung padi nasional, seperti harga beras yang melambung tinggi.

Ilham mengatakan bahwa hal tersebut kemungkinan karena panen di Jabar yang tidak sesuai prediksi dan target akibat beberapa faktor, seperti cuaca ekstrem kekeringan panjang. Namun pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya seperti pompanisasi hingga impor dan sebagainya untuk menstabilkan harga.

Meski demikian, Ilham mengatakan hal itu adalah dalam jangka pendek, sedangkan jangka panjangnya masih ada yang harus diperbaiki pada sektor pertanian di Jabar seperti soal pupuk, aksesibilitas air, infrastruktur irigasi dan waduk, hingga lahan yang berkurang.

"Kita memang bangga dengan status Jabar sebagai lumbung padi, tapi sebetulnya kalau dibandingkan dengan negara lain di sekitar kita seperti Vietnam atau Thailand, mereka lebih produktif lagi secara konsisten," kata Ilham.

Menurut Ilham, kondisi saat ini lahan produktif untuk pertanian semakin berkurang bahkan degradasi hingga puluhan ribu hektare menjadi tantangan, namun bukan berarti tidak ada solusi.

"Solusinya, meningkatkan produktivitas. Caranya, bibitnya harus lebih unggul, pupuk harus lebih cocok dengan jumlah yang diperlukan, air harus dikelola dengan lebih baik sampai pembinaan kepada petani. Jadi harus ada mekanisasi pertanian, dan program-program ini akan dikembangkan lebih spesifik dan detail nanti oleh kami ketika masuk pemilu," ujar dia.

Baca juga: Aher ditunjuk jadi Ketua Tim pemenangan Syaikhu-Ilham
 
Selain itu, Ilham mengatakan dalam diskusi di DPW PPP Jabar yang juga untuk memperkuat konsolidasi pemenangan dalam Pilgub Jabar 2024 ini, dia menguraikan pengalaman dan visi-misi dirinya bersama Ahmad Syaikhu sebagai pasangannya dalam membangun Jabar.

"Harapannya, dapat sejalan dengan keinginan PPP untuk membangun Jawa Barat lebih baik. Yang harus kita gunakan dengan optimal, sehingga hasil Pilgub ini juga optimal," kata Ilham.

Sementara itu, Plt Ketua DPW PPP Pepep Saepul Hidayat mengatakan pihaknya memang telah mengonsolidasikan keputusan untuk mendukung pasangan Ahmad Syaikhu-Syaikhu-Ilham Akbar Habibie yang diyakini mampu memberikan solusi terhadap tiap persoalan di Jawa Barat.

"Karena kultur Jawa Barat memiliki kecenderungan muslim. Kemudian dengan penduduk terbanyak, memiliki kompleksitas permasalahan. Dibutuhkan terobosan ilmu pengetahuan, teknologi dan pendekatan saintis yang aplikatif. PPP sendiri siap all out," ucap Pepep.

Diketahui, bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilgub Jawa Barat 2024, Akhmad Syaikhu-Ilham Habibie, diusung oleh tiga partai yakni PPP, PKS dan Nasdem.

Baca juga: Syaikhu-Ilham jalankan strategi sinergis hadapi koalisi gemuk di Pilkada Jabar

Pewarta: RCP

Editor : Ricky Prayoga


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024