Atlet asal Jawa Barat Ahmad Syahrul menjadi yang terbaik sehingga berhak meraih medali emas nomor freestyle - park putra cabang olahraga balap sepeda BMX pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh -Sumut.

Bertanding di kawasan Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis, Syahrul mencatatkan total poin 357, mengungguli rekannya sesama atlet Jawa Barat Gilang Febriansyah yang meraih medali perak dengan 344 poin.

Sementara itu, Habel Siregar dari Kalimantan Timur harus puas dengan medali perunggu setelah mengumpulkan 302 poin.

Jalannya pertandingan final BMX freestyle park berlangsung menarik dengan masing-masing atlet menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Syahrul tampil memukau sejak awal dengan serangkaian trik sulit yang menonjolkan kemampuannya dalam mengendalikan sepeda di udara. Beberapa trik andalannya seperti 360 tailwhip, backflip X-Up, dan flare berhasil dieksekusi dengan sangat baik.

Keberhasilan mengeksekusi trik 360 tailwhip, yang membutuhkan kombinasi antara kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan, menjadi salah satu momen kunci yang membawa Syahrul meraih poin tinggi.

Syahrul mengatakan keberhasilannya menaklukkan nomor ini berkat latihan keras yang konsisten selama delapan bulan terakhir.

"Alhamdulillah berterima kepada pelatih selama delapan bulan lebih enggak sia-sia latihan untuk mendapatkan ini," ucap pemuda 20 tahun itu.

Khusus untuk trik 360 tailwhip, dia mengaku harus berlatih selama satu bulan untuk bisa menguasai trik sulit tersebut.

Atlet yang mulai berkarier di BMX sejak 2015 ini mengatakan bahwa kemenangannya didedikasikan untuk orang tua, pelatih, dan warga Jawa Barat.

Dengan pencapaian ini, Syahrul optimis untuk melanjutkan kariernya di ajang internasional seperti SEA Games dan Asian Games.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMX - Ahmad Syahrul jadi yang terbaik di nomor freestyle - park putra

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024