Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat tingkat hunian hotel di kawasan Puncak-Cianjur selama libur panjang akhir pekan Maulid Nabi Muhammad SAW rata-rata mencapai 80 persen.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Cianjur, Tita Rosilawati di Cianjur Rabu, mengatakan, peningkatan sudah terlihat sejak Jumat (13/9) hingga Senin (16/9) dimana rata-rata pendatang yang menghabiskan libur panjang menambah waktu guna menghindari macet Puncak.

Baca juga: Selama libur panjang penumpang KA Siliwangi naik 28 persen

"Peningkatan masih terlihat hingga Senin malam karena wisatawan memperpanjang waktu menginap guna menghindari terjebak macet belasan jam di jalur Puncak, tercatat dari 124 hotel di Cianjur 80 persen kamarnya terisi," katanya.

Selama libur panjang pihaknya melakukan monitoring untuk mengetahui tingkat hunian hotel berbintang maupun non bintang bersama Disparbud Jabar sehingga data yang disampaikan sama dengan data yang diberikan ke provinsi.

Bahkan data tersebut didapat dari laporan pengelola hotel dan restoran yang melayani pendatang dari berbagai daerah didominasi Jabodetabek selama tiga hari libur panjang yang sebagian besar memperpanjang kamar hingga Senin.

"Bahkan kami juga mendapat laporan ada sejumlah hotel berbintang di kawasan Cipanas dan Puncak yang terisi penuh sampai Senin. Dibandingkan libur akhir pekan rata-rata hunian hanya 30-40 persen," katanya.

Sedangkan terkait angka pasti kunjungan wisatawan ke Cianjur pada momen libur panjang kali ini, tutur dia, harus menunggu sampai akhir bulan, namun perkiraan selama tiga hari libur panjang angka kunjungan mencapai 200 ribu orang.
"Meski harus terjebak macet angka kunjungan ke Cianjur masih tinggi dengan tujuan berbagai obyek wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, dan sejumlah obyek wisata alam buatan," katanya.

Seiring masih tingginya angka kunjungan ke kawasan Puncak-Cianjur, pihaknya berharap segera dibangun-nya jalur Puncak II guna memudahkan wisatawan dari berbagai daerah dapat dengan mudah sampai tanpa harus terjebak kemacetan di wilayah Bogor.

"Kami berharap pemerintah pusat segera membangun jalur Puncak II sebagai solusi bagi wisatawan untuk sampai dengan cepat ke wilayah Cianjur tanpa harus terjebak macet di jalur Puncak," katanya.

Baca juga: Petugas lakukan pencarian wisatawan terbawa arus di Pantai Cidamar Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024