Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggencarkan promosi objek wisata pantai selatan dengan menggelar berbagai kegiatan seperti jalan santai yang diikuti ribuan peserta termasuk wisatawan dari luar kota berkaitan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Jabar, Minggu, mengatakan selain mengenalkan berbagai destinasi wisata pantai, kegiatan juga bertujuan untuk menarik investor menanamkan modalnya di wilayah Cianjur selatan.

Baca juga: DPKHP mengeluarkan surat imbauan warga pesisir tingkatkan kewaspadaan

"Dalam rangka Haornas 2024, kami menggelar kegiatan jalan santai yang diikuti lebih dari 5.000 peserta termasuk wisatawan dari kota/kabupaten terdekat seperti Bandung dan Garut," katanya.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya mempromosikan berbagai objek wisata yang ada di wilayah selatan mulai dari air terjun, kampung adat, pantai selatan hingga wisata buatan Karangpotong yang sejak beberapa tahun menjadi daya tarik wisatawan.

Tidak hanya promosi, pihaknya juga menggencarkan pembangunan sarana dan prasarana penunjang termasuk infrastruktur jalan menuju objek wisata dan wilayah yang dilintasi, sehingga dapat terhubung langsung dengan jalan provinsi dan nasional.

"Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian warga mulai dari utara hingga selatan, khusus selatan ini bentuk dukungan serius Pemkab Cianjur menuju daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Cianjur Selatan," katanya.

Pihaknya juga meminta seluruh dinas melakukan penanganan bersama guna tercapainya target angka kunjungan tahun 2024 sebanyak dua juta wisatawan ke berbagai destinasi wisata yang ada di Cianjur dengan menggelar kegiatan yang di dalamnya terdapat promosi obyek wisata.

Termasuk, dalam berbagai kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan lebih dari 500 pelaku UMKM di Cianjur dengan produk unggulan, sehingga mereka memiliki pasar dalam mempromosikan dan mengenalkan hasil produksinya.
"Harapan kami, tahun depan angka kunjungan dapat lebih meningkat seiring promosi dan tuntasnya pembangunan jalan penghubung antarkecamatan di wilayah selatan, serta tingginya angka investasi yang masuk ke Cianjur," katanya.

Sedangkan, pelaku usaha di pantai selatan Cianjur berharap berbagai kegiatan itu mendongkrak angka kunjungan, sehingga dapat meningkatkan penghasilannya

"Harapan kami, seiring digelarnya berbagai acara di pantai selatan akan diikuti dengan tingginya angka kunjungan, sehingga produk UMKM yang kami hasilkan banyak pembeli, sehingga perekonomian meningkat," kata pelaku usaha Nurhayati (27).

Baca juga: Pemkab Cianjur menjamin pembebasan lahan jalan tol selatan lebih cepat

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024