Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menyampaikan terdapat dua bakal calon bupati dan wakil bupati Majalengka yang berkompetisi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, setelah tahap pendaftaran ditutup pada Kamis (29/8).
 
“Penutupan dilakukan setelah selama tiga hari proses pendaftaran. Hanya dua pasangan yang mendaftar yaitu Karna Sobahi-Koko Suyoko dan Eman Suherman- Dena M Ramdhan,” kata Ketua KPU Kabupaten Majalengka Teguh Fajar Putra Utama di Majalengka, Jumat.

Baca juga: KPU Majalengka rekrut 1.029 anggota PPS untuk Pilkada
 
Teguh menjelaskan pasangan Karna Sobahi-Koko Suyoko yang dicalonkan oleh PDIP dan PKS serta didukung sejumlah partai politik (parpol) nonparlemen, telah menyerahkan berkas pendaftaran pada Selasa (27/8).
 
Sedangkan, kata dia, untuk pasangan Eman Suherman-Dena M Ramdhan yang diusung oleh Gerindra, Golkar, PAN, PPP, Demokrat dan PKB ini sudah mendaftar di hari terakhir.
 
“Dua pasangan ini, merupakan putra daerah terbaik yang mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Majalengka,” ujarnya.
 
Teguh menyampaikan bahwa proses pendaftaran Pilkada 2024 berjalan lancar. Sehingga KPU Kabupaten Majalengka dapat melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas kedua pasangan tersebut.
 
"Kami sudah menerima berkas pendaftaran kedua pasangan tersebut dan masih memverifikasi terkait kelengkapan persyaratannya sebagai peserta,” tuturnya.
 
Selanjutnya, ia mengatakan kedua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Majalengka akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.
 
Sementara itu Anggota KPU Kabupaten Majalengka Andhi Insan Sidieq menuturkan tahapan pemeriksaan kesehatan mulai dilaksanakan selama dua hari. Adapun tes yang dilakukan meliputi 18 item, termasuk kesehatan jiwa.
 
Dia menambahkan pemeriksaan kesehatan dilakukan pada akhir pekan ini, agar tidak mengganggu pelayanan bagi pasien umum di rumah sakit itu.
 
"Waktu pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon dikhususkan saat akhir pekan, supaya tidak berbenturan dengan pasien umum apabila dilaksanakan pada hari kerja," ujar dia.

Baca juga: KPU Majalengka buka pendaftaran calon perseorangan Pilkada 2024

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024