Antarajawabarat.com, 28/5 - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, akan mengoptimalkan Balai Benih Ikan Cisomang, Kecamatan Cikalongwetan, untuk meningkatkan produksi agar mampu memenuhi permintaan ikan tawar di provinsi ini.

"Kami akan berupaya meningkatkan produksi maupun luas lahan pembenihan ikan tawar untuk menjadi terbesar dan terlengkap di Jawa Barat," kata Bupati Bandung Barat Abubakar usai meresmikan Balai Benih Ikan Cisomang, Rabu.

Ia mengatakan pengoptimalan balai benih ikan itu dalam rangka mewujudkan daerah ini sebagai kota ikan atau minapolitan.

Keberadaan balai tersebut, Abubakar berharap dapat memproduksi ikan tawar dengan target 250 juta ton ikan setiap tahunnya atau mampu memasok sekitar 25 persen kebutuhan ikan di Jabar.

"Target kita ingin memproduksi 250 juta ton ikan untuk pasar Jawa Barat, saat ini produksi benih kita baru 6 juta per tahun," katanya.

Ia mengatakan, benih ikan yang diproduksi di Balai Benih Ikan Cisomang merupakan benih unggulan diantaranya ikan mas, nila, lele dan ikan patin.

Kabupaten Bandung Barat, kata Abubakar, tetap fokus mengembangkan pembenihan empat ikan tersebut karena permintaan pasarnya banyak.

"Keempat komoditi itu merupakan penguasa pangsa pasar ikan tawar saat ini," katanya.

Selain tempat pembenihan berbagai jenis ikan, kata Bupati, balai tersebut dijadikan sebagai pusat pelatihan para pembenih ikan.

"Dengan makin banyak pembenih ikan, diharapkan produksi benih ikan di daerah ini akan semakin meningkat," katanya.***1***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015