Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan sebanyak 440 peserta haji asal Garut sudah kembali dengan selamat setelah melaksanakan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi.

"Alhamdulillah, untuk Kloter 39 JKS Kabupaten Garut utuh itu sebanyak 440 orang, terdiri dari 432 peserta haji dan delapan petugas," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Garut Indra Azwar Mawardi di Garut, Kamis.

Baca juga: Sebanyak 438 peserta haji Kloter 31 telah kembali ke Garut

Ia menuturkan proses pemulangan jamaah haji asal Garut Kloter 39 itu berlangsung lancar, sampai akhirnya tiba dan disambut haru oleh keluarganya di Pendopo Garut, Kamis pagi.

Ia menyampaikan seluruh jamaah haji di kloter tersebut semuanya sesuai dengan jumlah ketika awal pemberangkatan yaitu sebanyak 432 orang ditambah delapan petugas pendamping haji. "Alhamdulillah, tidak ada (yang meninggal dunia)," katanya.

Indra Azwar mengatakan jamaah haji yang baru tiba itu merupakan gelombang keempat asal Garut, sisanya tinggal satu gelombang lagi yang masuk dalam Kloter 59 masih dalam persiapan pemulangan ke Indonesia.

Jamaah kloter terakhir dari Garut itu, kata dia, dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 19 Juli 2024, selanjutnya melakukan perjalanan ke embarkasi sebelum ke Pendopo Garut.

"Yang sudah datang itu sekitar 1.700 orang. Iya dari 2.045 orang," katanya.
Ia menyampaikan kegiatan ibadah haji tahun ini tercatat lima peserta haji meninggal dunia karena sakit dan sudah dimakamkan di Tanah Suci.

Peserta haji yang meninggal berasal dari Kloter 2 sebanyak dua orang, Kloter 16 sebanyak satu orang, dan Kloter 31 sebanyak dua orang.

Terkait kondisi jamaah haji yang saat ini pulang maupun sedang persiapan pulang, Indra mengatakan bahwa mereka dalam kondisi sehat dan diharapkan semua kembali pulang dalam keadaan sehat dan selamat. "Alhamdulillah sehat," katanya.

Baca juga: Kemenag Garut: Satu kloter jamaah haji sudah kembali selamat

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024