Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyebutkan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Wilayah Indonesia (BBWI), dapat memperkuat sektor pariwisata hingga ekonomi kreatif di daerahnya.
 
Bey dalam keterangannya di Majalengka, Selasa, menyampaikan wilayah Jabar memiliki banyak destinasi indah dan unik yang bisa dikunjungi turis domestik maupun wisatawan mancanegara.
 
Selain itu, kata dia, para turis dapat berpelesiran sembari berburu cinderamata dengan membeli berbagai macam produk UMKM asal Jabar seperti hasta karya, fesyen hingga kuliner.
 
“Sejalan dengan itu, kebanggaan buatan Indonesia juga tidak kalah penting, karena tujuan utamanya adalah mengembangkan ekonomi lokal,” ujarnya.
  
Pihaknya mendukung gernas tersebut, agar masyarakat mau berwisata di dalam negeri dan menggunakan produk lokal. Sebab hal ini bisa memperkuat perekonomian sekaligus mengangkat budaya daerah.
 
Bey menyampaikan sejumlah kebijakan pun sudah diterapkan guna mengembangkan sektor tersebut. Misalnya melalui promosi secara masif, membuka peluang pameran produk sampai mempermudah perizinan untuk ajang pariwisata dan ekonomi kreatif di Jabar.
 
Selain itu, lanjut dia, peluang investasi untuk menunjang kegiatan seni, pembuatan produk kerajinan dan lainnya sangat terbuka lebar. Pihaknya berupaya mengundang investor agar menanamkan modalnya di bidang ini.
 
“Dengan berbelanja produk lokal dan berwisata di wilayah Indonesia, kita bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru,” tuturnya.
 
 
Sementara Staf Ahli Bidang Ekonomi Maritim Kemenko Marves Sugeng Santoso menambahkan pihaknya telah meluncurkan Gernas BBI dan BBWI untuk wilayah Jabar, yang bertujuan mengembangkan produk lokal serta pariwisata di daerah tersebut.
 
Melalui gernas ini, dia berharap ke depannya penggunaan produk lokal semakin masif serta masyarakat bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Jabar
 
“Peluncuran BBI dan BBWI kali ini di Jabar, harus ditindaklanjuti melalui harvesting sebagai manifestasi program-programnya dan realisasi hasilnya seperti apa. Apalagi Jabar terkenal dengan kreativitas produk lokalnya,” ujar dia.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024