Kepolisian Resor Garut menyiapkan tim dari Satuan Lalu Lintas untuk membantu Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) dalam mensukseskan operasi Bulan Sadar Pajak mulai 19 Juni 2024 untuk memeriksa kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat memastikan semuanya sudah tertib membayar pajak kendaraan.

"Dengan peluncuran Bulan Sadar Pajak pada 19 Juni 2024, kepatuhan masyarakat Garut dalam membayar pajak akan meningkat," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Selasa.

Ia menuturkan kegiatan itu dilakukan secara kolaborasi dengan P3D atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Garut dan unsur instansi lainnya yang akan bergerak melakukan operasi pemeriksaan kendaraan di sejumlah ruas jalan di wilayah Garut.

Selama operasi Bulan Sadar Pajak itu, kata dia, apabila ditemukan kendaraan bermotor yang belum membayar pajak kendaraannya maka akan langsung disidang dan pengendara dapat langsung membayar pajak di tempat yang sudah difasilitasi tim P3D.

"Jika ditemukan kendaraan yang belum membayar pajak, pengendara dapat langsung membayarnya di tempat melalui fasilitas yang telah disediakan," katanya.

Menurut dia, selama ini masih terdapat kendaraan bermotor di Kabupaten Garut yang oleh pemiliknya belum diselesaikan kewajibannya membayar pajak kendaraan.

Kondisi masyarakat yang belum sadar pajak itu, kata dia, maka dengan melalui operasi pemeriksaan kendaraan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersedia membayar pajak kendaraannya.
Ia mengatakan kewajiban membayar pajak kendaraan itu tidak hanya turut serta berkontribusi membangun negara, tetapi menjadi syarat klaim asuransi apabila pengendara mengalami kecelakaan lalu lintas.

"Hal ini diharapkan dapat mendukung pendapatan daerah dari sektor pajak, sehingga memungkinkan pemerintah untuk melaksanakan berbagai program pembangunan yang telah direncanakan," katanya.

Perwakilan P3D atau Samsat Kabupaten Garut, Andri Wijaya menyatakan, Bulan Sadar Pajak akan berlangsung sepanjang Juni 2024 melalui kegiatan operasi pemeriksaan kendaraan bermotor karena saat ini terdapat kendaraan di Garut belum memenuhi kewajiban pajak.

"Kita lihat dengan banyaknya kendaraan yang masih belum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, untuk itu di bulan ini kita mencanangkan Bulan Sadar Pajak," kata Andri.

Ia berharap adanya kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan tepat waktu dapat mendongkrak pendapatan pajak daerah yang nantinya bisa untuk mendukung pembangunan daerah.

"Dengan taat bayar pajak otomatis secara tidak langsung membantu pemerintah dalam upaya melaksanakan pembangunan yang dapat terlaksana dengan baik," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024