Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar sertifikasi profesi untuk para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) guna mengakselerasi pengembangan ekosistem ekraf.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Yudi Santosa di Cisarua, Selasa, mengungkapkan sertifikasi dilakukan terhadap tiga angkatan pelaku ekraf yang terdaftar di Kabupaten Bogor.

Sertifikasi dengan skema Marketing Communication atau MICE ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas para pelaku ekraf khususnya simpul-simpul yang berada di berbagai wilayah Kabupaten Bogor.

"Berdasarkan amanah dari Undang-undang hingga Peraturan Bupati Bogor, kami dari Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki kewajiban untuk mengembangkan potensi pelaku ekraf dan langsung menyentuh pelaku ekraf. Hal ini perlu karena ke depan sertifikat itu sangat dibutuhkan," ujar Yudi.

Kepala Bidang SDM Pariwisata dan Ekraf Disbudpar Kabupaten Bogor yang juga Ketua Penyelenggara Titi Sugiarti menerangkan bahwa kegiatan fasilitas dan pendampingan sertifikasi profesi pelaku ekonomi kreatif ini berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk meningkatkan pengetahuan, kapasitas dan kompetensi pelaku ekraf Kabupaten Bogor.

"Kegiatan ini terdiri dari 3 angkatan. Satu angkatannya ada 25 orang dengan skema Kompetensi Marketing Communication MICE," kata Titi.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024