Penanganan sampah hingga menjaga kuantitas serta kualitas air menjadi isu prioritas Pemerintah Kota Sukabumi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup di Kota Sukabumi Jawa Barat.

"Kelestarian lingkungan hidup memiliki kaitan erat dengan kesehatan masyarakat dan kondisi kota secara keseluruhan, maka dari itu masalah sampah dan air menjadi isu prioritas kami dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup," kata Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di Sukabumi, Jumat.

Saat membuka Focus Group Discussion
(FGD) tentang isu lingkungan hidup, ia memaparkan terkait penanganan sampah yang dari waktu ke waktu volumenya terus meningkat, sehingga ini menjadi masalah utama yang dikarenakan sistem pengelolaannya yang belum optimal.

Karena itu, terkait permasalahan ini pihaknya sudah membuat sistem pengelolaan, salah satunya melakukan daur ulang sampah. Dengan cara seperti optimistis volume sampah yang masuk ke tempat pemrosesan akhir (TPA) bisa ditekan.

Seperti diketahui, katanya, sampah merupakan salah satu sumber bencana bagi lingkungan hidup yang bisa berdampak terhadap kesehatan hingga perekonomian, sehingga penanganannya harus optimal.

Kemudian isu kualitas dan kuantitas air dengan cara menjaga kualitas air sebagai sumber kehidupan yang sangat penting menjadi hal yang esensial. Pencemaran air sungai dan sumber air lainnya harus ditanggulangi secara serius.

Tidak hanya itu, masalah kebencanaan juga menjadi isu prioritas Pemkot Sukabumi.


 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024