Program Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yakni Berkolaborasi Terus Melayani atau Botram dinilai semakin atraktif karena memadukan pelayanan publik dengan hiburan masyarakat di satu lokasi sekaligus.

"Antusiasme masyarakat juga semakin tinggi sehingga tren saat ini setiap digelar kegiatan Botram pada akhir pekan, setiap kecamatan yang menjadi tuan rumah berlomba-lomba untuk menjadi wilayah paling meriah dan sukses menyelenggarakan Botram," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Kantor Kecamatan Serang Baru, Sabtu.

Dia mengapresiasi setiap kecamatan yang mampu menyuguhkan Botram dengan meriah sehingga menjadi salah satu kegiatan paling ditunggu masyarakat, selain tentu ingin mendapatkan pelayanan publik yang juga semakin bervariasi.

Botram merupakan program pemerintah daerah dalam rangka mendekatkan pelayanan publik di satu titik wilayah kecamatan. Masyarakat dapat mengakses langsung sejumlah layanan mulai dari dokumen kependudukan, kesehatan, ketenagakerjaan, perbankan, Baznas, PMI, UMKM, dan lainnya dengan total mencapai 40 lebih jenis layanan.

"Di Kecamatan Serang Baru hari ini bahkan ada stan kepolisian yang turut berpartisipasi melayani perpanjangan maupun pembuatan SIM, kemudian juga SKCK. Ini pertama kali selama Botram kita laksanakan, sampai para kepala desa juga turut antre perpanjang SIM tadi yang saya lihat," katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi Carwinda mengatakan Botram semula digelar dengan konsep dasar pelayanan administrasi kependudukan, namun kini telah berkembang dengan menghadirkan beragam layanan instansi melalui Surat Keputusan Bupati Bekasi.

"Tidak hanya produk pelayanan administrasi, masyarakat juga dapat mengakses segmen lain terkait pelayanan informasi dari berbagai dinas yang hadir dalam kegiatan Botram ini," katanya.


Penyelenggaraan program Botram pada akhir pekan juga bertujuan agar masyarakat dapat memaksimalkan pelayanan yang dihadirkan sekaligus mengajak seluruh keluarga serta kerabat untuk menikmati acara hiburan akhir pekan.

"Alhamdulillah dengan begini kita ingin masyarakat bisa datang ke Botram pada hari Sabtu, sengaja kami memberikan ruang kepada masyarakat, pada hari kerja biasanya tidak punya kesempatan untuk mengurus perizinan apapun itu, termasuk adminduk," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024