Kepolisian Resor Garut menurunkan tim urai untuk mengatasi kemacetan arus kendaraan di jalur wisata Kabupaten Garut, Jawa Barat, dampak terjadinya peningkatan kunjungan wisatawan saat libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami sudah turunkan tim urai untuk mengurai apabila terjadi kepadatan-kepadatan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan selama libur Lebaran arus kendaraan di jalur wisata sudah terpantau ramai, sehingga jajarannya melakukan pengamanan untuk mengatur dan mengatasi apabila terjadi kemacetan.

Daerah yang terpantau ramai arus kendaraan di jalur wisata, kata dia, yakni destinasi wisata Cipanas Garut, Situ Bagendit, Darajat, dan kawasan wisata pantai selatan di Garut.

"Penanganan arus wisata alhamdulillah sampai sekarang baik di Bagendit Cipanas, Darajat maupun di pantai selatan sudah dilakukan," katanya.

Ia menyampaikan tim urai di jalur wisata itu melakukan tindakan sistem satu arah atau penarikan arus kendaraan agar tidak terjadi kemacetan panjang.

Terpantau situasi arus lalu lintas di jalur wisata maupun jalur utama Garut, kata dia, terjadi kepadatan dibandingkan dengan hari sebelumnya, sehingga pihaknya terus berupaya untuk mengurai kepadatan tersebut.

Ia menyampaikan salah satu cara mengatasi kepadatan arus kendaraan di jalan yakni dengan memberlakukan satu arah dari Garut menuju Bandung, seperti yang sudah dilakukan beberapa kali di jalur Malangbong-Limbangan, maupun di jalur Tarogong-Kadungora.
"Arus lalu lintas hari ini merupakan luar biasa padatnya dari timur ke barat yang arus Malangbong-Limbangan ini arus balik terpadat selama pelaksanaan Operasi Ketupat," katanya.

Pantauan di lapangan situasi arus lalu lintas kendaraan terjadi kepadatan di jalur wisata Situ Bagendit yakni Jalan Hasan Arif, kemudian di Jalan Anwar Musaddadiyah, kemudian di Jalan Ibrahim Adjie jalur wisata Cipanas Garut.

Sejumlah personel kepolisian melakukan pengamanan di jalur tersebut, dan setiap persimpangan jalan, juga melakukan pengamanan saat diberlakukan satu arah.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024