Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menerjunkan 24 armada truk untuk penanganan sampah selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2024 karena diperkirakan volume sampah akan melonjak mulai H-3 hingga H+3 Lebaran.

Kepala DLH Cianjur Komarudin di Cianjur Senin, mengatakan puluhan armada pengangkut sampah yang diturunkan terdiri dari 12 dumb truk milik dinas, 8 dumb truk sewaan, dan 4 unit truk armroll baru, sengaja ditambah untuk penanganan sampah yang jumlahnya akan bertambah selama libur panjang hari raya.

Baca juga: DLH Cianjur terjunkan 165 petugas kebersihan dan 89 penyapu jalanan selama Lebaran

"Perkiraan kenaikan tonase sampah mencapai 2 kali lipat saat libur Lebaran, di mana setiap hari 340 ton sampah yang dihasilkan dari berbagai wilayah akan mengalami kenaikan hingga 600 ton lebih per hari," katanya.

Sehingga pihaknya sengaja menyewa truk baru sambil menunggu kedatangan 4 unit truk baru yang sudah dipesan, karena tonase sampah yang harus diangkut setiap harinya akan mengalami peningkatan terutama tiga hari menjelang dan setelah Lebaran.

Tidak hanya menyiapkan armada, pihaknya juga menurunkan 286 personel termasuk petugas kebersihan yang tidak diberikan libur selama libur panjang hari raya, dimana petugas akan membersihkan sampah di perkotaan hingga mengirim ke TPAS Mekarsari, Cikalongkulon.
"Seluruh armada dan personel diturunkan saat momen Lebaran karena volume sampah akan meningkat, tidak ada personil dan armada yang libur semua tetap bertugas guna membersihkan sampah diberbagai wilayah agar tidak terjadi penumpukan," katanya.

Pihaknya tetap mengingatkan warga agar tidak membuang sampah sembarangan dan tepat waktu ke tempat pembuangan sementara (TPS) agar tidak terkena sanksi sosial dan sanksi tindak pidana ringan, tercatat sekitar 45 orang terjaring petugas melakukan pelanggaran.

"Saat ini masih sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat, bulan selanjutnya sanksi tegas akan diterapkan, sehingga warga harus tepat waktu dan tidak membuang sampah sembarang," katanya.

Baca juga: DLH Cianjur catat 35 warga tertangkap tangan buang sampah

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024