Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan volume kendaraan roda dua yang melaju di ruas jalur arteri terus mengalami peningkatan pada H-3 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Petugas Dishub Kota Cirebon Agung Rifki di Cirebon, Minggu, mengatakan dari hasil penghitungan pada pukul 8.00 WIB, jumlah kendaraan roda dua itu mencapai 39.680 unit. Kemudian bertambah menjadi 64.817 unit sampai pukul 12.00 WIB.
 
Dari data itu, menurutnya, arus lalu lintas di jalur arteri Kota Cirebon dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah didominasi oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan peningkatan 25.137 unit per empat jam terakhir.
 
“Jumlah kendaraan terus meningkat karena masih banyak pergerakan pemudik yang masuk ke arteri dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,” katanya.
 
Ia menjelaskan bahwa pada H-4 Lebaran atau Sabtu (6/4), jumlah sepeda motor yang melaju di jalur arteri di Kota Cirebon totalnya menyentuh angka 99.708 unit kendaraan.

Jumlah tersebut, kata dia, jauh lebih banyak ketimbang pada Jumat (5/4) yang angkanya tercatat sebanyak 39.074 unit kendaraan.
 
Selain sepeda motor, Rifki menuturkan kendaraan roda empat atau mobil pribadi pun terpantau melintas di ruas arteri Kota Cirebon. Pergerakan tertingginya terjadi pada H-4 Lebaran yakni sekitar 8.859 unit kendaraan.

“Untuk saat ini jumlah yang melintas di jalur arteri Kota Cirebon sekitar 69.060 unit kendaraan,” katanya.
 
Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi menyampaikan peningkatan volume kendaraan di jalur arteri disebabkan karena pemberlakukan sistem one way pada ruas tol.

Kendati demikian, pihaknya menjamin lonjakan tersebut masih dalam batas wajar dan terkendali sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan yang begitu panjang di ruas arteri Kota Cirebon.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024