Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, memberangkatkan sebanyak 100 orang menggunakan dua bus dalam program mudik gratis Lebaran 2024 untuk membantu masyarakat pulang kampung ke wilayah Jawa Tengah.
 
“Kami mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat wilayah Cirebon, untuk tujuan mudik ke wilayah Semarang dan Solo,” kata Kepala Polres Cirebon Kota AKBP Rano Hadiyanto di Cirebon, Sabtu.
 
Ia menyebut program ini bertujuan memfasilitasi warga Kota Cirebon, yang hendak melalukan perjalanan mudik ke dua daerah itu tanpa dipungut biaya sepeserpun.
 
Menurut dia, semua peserta telah diberangkatkan dengan dua armada bus yang dipastikan siap mengantarkan mereka tiba di kampung halaman dengan selamat.
 
“Tujuan program ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi wujud kepedulian kami agar mereka bisa mudik secara gratis,” ujarnya.
 
Rano mengatakan program mudik gratis menjadi bagian dari komitmen Polri, dalam menyukseskan penyelenggaraan mudik yang aman serta mendukung kebijakan pemerintah untuk mengoptimalkan pemakaian transportasi umum.
 
Selain itu, kata dia, program semacam itu dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama arus mudik dan balik Lebaran khususnya di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.
 
“Program ini bisa mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. Biasanya masyarakat melakukan mudik menggunakan roda dua, sekarang kita fasilitasi dengan bus,” tuturnya.
 
Sementara itu Kepala Satlantas Polres Cirebon Kota AKP Ngadiman menambahkan bahwa dalam program tersebut seluruh peserta telah melakukan registrasi dengan menyertakan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga masing-masing satu lembar.
 
Ngadiman berharap kegiatan mudik gratis yang dilakukan Polres Cirebon Kota dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Program mudik gratis ini merupakan kepedulian Polri dalam membantu masyarakat,” ucap dia.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024