Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, melakukan pengecekan kelaikan atau ramp check terhadap sejumlah bus di Terminal Tipe A Harjamukti Cirebon, yang akan dioperasikan untuk mengangkut penumpang ke daerah tujuan selama arus mudik Lebaran 2024.
 
“Hari ini kami bersama instansi teknis terkait lainnya, melaksanakan kegiatan pemeriksaan ramp check untuk kendaraan umum,” kata Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Senin.

Baca juga: Pemkot Cirebon siagakan nakes di Terminal Bus Harjamukti saat arus mudik
 
Ia menjelaskan dalam kegiatan ini, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama aparat kepolisian setempat mengecek setiap bus di terminal itu.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh seperti pada sisi teknis hingga dokumen perizinan dari kendaraan tersebut.
 
Menurut dia, pemeriksaan ini untuk memastikan kesiapan dari kendaraan bus serta menjadi upaya antisipasi dalam menekan kasus kecelakaan lalu lintas pada periode Lebaran.
 
Agus menekankan bahwa bus yang beroperasi nanti harus dinyatakan laik jalan, sehingga para penumpang bisa merasa aman dan nyaman saat memakai moda transportasi tersebut saat pulang ke kampung halaman.
 
“Dari sisi teknis, bus harus dalam kondisi prima. Awak bus yakni sopir utama dan cadangan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Ini menjadi upaya kita untuk menurunkan tingkat kecelakaan,” ujarnya.
 
Sampai saat ini, kata dia, kegiatan ramp check masih berlangsung di terminal tersebut dan beberapa sampel kendaraan bus sudah diperiksa.
 
Hasilnya beberapa armada bus di Kota Cirebon dinyatakan lulus uji ramp check. Sedangkan sebagian lainnya belum memenuhi persyaratan laik jalan.
 
Agus meminta agar para pengusaha armada bus segera melengkapi dan membenahi sisi teknis dari kendaraan itu, supaya bisa laik jalan pada musim mudik Lebaran.

“Mudah-mudahan proses perjalanan dari arus mudik maupun balik bisa berjalan lancar. Berdasarkan informasi yang kami terima dari pengurus terminal, bahwa biasanya H-3 Lebaran sudah mulai ramai penumpang,” tuturnya.
 
Sementara itu Kepala Dishub Kota Cirebon Andi Armawan menyampaikan selain ramp check, seluruh angkutan umum di wilayahnya selalu mengikuti uji kendaraan bermotor (KIR) yang dilakukan per enam bulan sekali.
 
Andi menambahkan untuk beroperasi, angkutan umum tersebut perlu mengantongi izin laik jalan demi keselamatan penumpang.
 
Ramp check kita rutin sebenarnya. Bahkan bukan hanya sekarang tapi hari-hari besar seperti Natal dan tahun baru. Kemudian lebaran. Hari-hari biasa kita lakukan uji kendaraan bermotor atau KIR,” ucap dia.

Baca juga: Polisi cek bus dan kesehatan sopir di Terminal Harjamukti Kota Cirebon

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024