Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat mengecek bus dan kesehatan sopir di Terminal Harjamukti, untuk memastikan semua dalam keadaan aman menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami melakukan 'ram check' untuk memastikan bus yang berada di Terminal Harjamukti laik jalan," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Fahri Siregar di Cirebon, Rabu.

Baca juga: Polisi amankan 481 orang di Cirebon selama Operasi Pekat

Fahri mengatakan pengecekan bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, bersama Dinas Perhubungan setempat ini dilakukan untuk memastikan pelayanan kepada para penumpang selama pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2023 berjalan dengan aman.

Karena kata Fahri, kondisi bus laik sangat dibutuhkan ketika digunakan untuk mengangkut para penumpang sampai tujuan dengan selamat.

Menurutnya pengecekan bus dilakukan mulai dari kondisi ban, tekanan angin, kondisi rem, dan lainnya, agar ketika digunakan untuk mengangkut penumpang sudah benar-benar laik jalan.
"Untuk bus yang kami cek semua dalam keadaan laik, dan sudah langsung ditempel stiker dari Dishub," tuturnya.

Selain memastikan bus dalam kondisi laik jalan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine kepada para sopir serta kondektur, untuk mengetahui apakah mereka dalam kondisi prima atau tidak.

Baca juga: BPBD Cirebon minta masyarakat waspadai bencana alam saat cuaca ekstrem

Tidak hanya itu lanjut Fahri, sopir dan kondektur juga dilakukan tes kandungan alkohol menggunakan alat khusus yang ditiup hingga berbunyi dan langsung tertera hasilnya. Sementara tes urine itu menggunakan parameter Amphetamin, Metaphetamin, dan THC untuk memastikan mereka tidak mengonsumsi obat terlarang atau narkoba.

"Kami juga melakukan tes kesehatan sopir dan kondektur, dari mulai tekanan darah, pemeriksaan kandungan gula darah, serta lain sebagainya," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022