Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak bencana alam longsor di Kabupaten Bandung Barat, termasuk menempatkan relawan untuk membatu pelayanan kemanusiaan di posko PMI.

Kepala Markas PMI Cianjur, Fajar Aciana di Cianjur Kamis, mengatakan bantuan berupa paket sembako dan paket terpal yang disalurkan melalui Posko PMI Bandung Barat di lokasi bencana alam longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor.

Baca juga: PMI Cianjur siapkan 25 relawan bantu korban longsor di Bandung Barat

"Kami baru menyalurkan paket beras sekitar 200 kilogram dan paket lainnya termasuk terpal yang dibutuhkan warga di lokasi pengungsian, sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan kordinator lapangan PMI Bandung Barat terkait kebutuhan," katanya.

Pihaknya berharap bantuan yang disalurkan dapat meringankan beban puluhan warga yang masih mengungsi di sejumlah titik yang dinilai aman dari longsor, termasuk menempatkan empat orang relawan guna memberikan pelayanan kemanusiaan dan membantu proses pencarian.

Bahkan pihaknya akan menambah jumlah relawan ke lokasi pencarian selama dibutuhkan, namun pihaknya memfokuskan pelayanan kemanusiaan bagi warga yang mengungsi terutama terkait kebutuhan makanan, kesehatan dan lain-lain.

"Kami siagakan relawan selama dibutuhkan segera diberangkatkan, namun untuk saat ini hanya beberapa orang diperbantukan di posko PMI di Kampung Cipongkor, kami juga akan terus membantu ketika warga membutuhkan logistik tambahan," katanya.
Kepala Posko PMI Bandung Barat, Sahmudin mengatakan selama tanggap darurat bencana longsor pihaknya memberikan empat pelayanan seperti kesehatan, pusat data dan informasi, evakuasi pencarian dan pendistribusian logistik.

"Kami terus memberikan pelayan sesuai kebutuhan warga yang tinggal di pengungsian, termasuk melakukan proses evakuasi dimana sekitar 15 orang relawan PMI Bandung Barat dibantu relawan dari PMI kota/kabupaten di Jabar, bersama SAR gabungan masih melakukan pencarian 3 orang korban belum ditemukan," katanya.

Pihaknya mencatat berbagai bantuan logistik dan sembako untuk meringankan beban warga korban longsor terus berdatangan dari berbagai daerah termasuk dari PMI kota/kabupaten di Indonesia.

Baca juga: PMI Cianjur jamin stok darah aman selama bulan Ramadhan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024