Antarajawabarat.com,26/9 - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat mendukung Ketua BPPI Wiryanti Sukamdani menjadi Menteri Pariwisata dalam kabinet pemerintahan Jokowi-JK.

"Kementerian Pariwisata harus dipegang oleh orang yang memiliki rekam jejak dan kiprah di dalamnya. BPPD Jabar melihat sosok Ketua BPPI (Badan Promosi Pariwisata Indonesia) Wiryanti Sukamdani sosok yang tepat untuk posisi itu," kata Ketua BPPD Jabar Cecep Rukmana di Bandung, Jumat.

Menurut dia, sektor pariwisata yang saat ini penyumbang devisa keempat terbesar di Indonesia perlu ditingkatkan lagi dengan memaksimalkan potensi yang ada. Hal itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang selama ini berkecipung dalam dunia pariwisata.

Ia menjelaskan bahwa Wiryanti Sukamdani selama memimpin BPPI mencatat beberapa terobosan dalam mendukung program peningkatan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun wisatawan mancanagara.

"Kementerian Pariwisata membutuhkan sebuah terobosan yang signifikan untuk memanfaatkan potensi yang masih yang belum tergali. Wisata alam salah satu yang menyimpan potensi yang masih terpendam," kata Cecep Rukmana.

Dukungan terhadap Wiryanti, kata dia, bukan karena sosok itu Ketua BPPI, namun karena dia memiliki konsep pengembangan pariwisata ke depan, khususnya dalam meningkatkan kunjungan wisata mancanagara.

"Pariwisata sudah menjadi sebuah industri, dan jelas harus dikelola oleh seorang ahli di industri pariwisata," katanya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, potensi pariwisata Indonesia saat ini sekitar Rp400 triliun. Sejumlah potensi masih bisa dioptimalkan, salah satunya adalah menarik wisatawan mancanegara yang saat ini menunjukkan peningkatan signifikan.

"Volume penduduk dunia bepergian ke luar negeri untuk berwisata meningkat, salah satunya dari China dan Eropa, juga Timut Tengah. Fenomena itu harus ditangkap, salah satunya dengan memperkuat infrastruktur pariwisata di Tanah Air," kata Cecep Rukmana menambahkan.

***2***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014