Antarajawabarat.com, 24/9 - Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat segera menargetkan lahan abadi untuk pertanian akibat tingginya alih fungsi lahan tersebut.

Sekertaris Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Muhidin kepada wartawan, Selasa, mengatakan, pihaknya akan segera membatasi lahan yang dijadikan perumahan dan industri, rencananya sekitar 40 ribu hektare akan jadi lahan abadi pertanian.

Lahan subur dengan pasokan air maksimal yang merupakan jalur irigasi, kata dia, dipastikan akan dijadikan lahan untuk pertanian, pihaknya tidak akan mengeluarkan izin alih fungsi lahan.

Lahan pertanian Kabupaten Cirebon terus terdesak industri dan perumahan seiring dengan pesatnya perkembangan kota di kawasan Pantura, diharapkan lahan tetap untuk tanam padi tersedia supaya produksi pangan mencukupi.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Cirebon terus merancang Perda terkait lahan abadi untuk pertanian, sehingga lahan subur tetap produktif sebagai lumbung padi.

Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi mengatakan, pihaknya akan sediakan lahan untuk pertanian, terutama yang pasokan air maksimal, sehingga perumahan dan industri bisa dibatasi dalam perkembangannya .

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014