Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akhirnya menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, meskipun sedikit terlambat dari jadwal tahapan yang telah ditetapkan.

"Pelaksanaan pleno tingkat kabupaten sudah selesai, diakhiri oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Tambun Selatan. Alhamdulillah berjalan dengan baik sehingga kalkulasi dari lima jenis pemilihan telah selesai," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido di Cikarang, Senin petang.

Ia mengatakan hasil pleno juga telah dibawa untuk dibacakan pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi di KPU Jawa Barat.

Ia menyebut ada peningkatan partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi pada pemilu tahun ini dibandingkan dengan pesta demokrasi pada tahun 2019.

"Kelima jenis pemilihan yang kita lakukan khususnya di Kabupaten Bekasi menghasilkan peningkatan angka partisipasi pemilih dari 81,36 persen pada tahun 2019 menjadi 81,8 persen pada pemilu tahun ini," katanya.

KPU Kabupaten Bekasi belum dapat memublikasikan hasil perolehan suara calon anggota legislatif yang mendapatkan suara terbanyak mengingat saat ini baru bisa mengunduh hasil model D dari Kabupaten Bekasi.

"Sampai saat ini kita baru bisa download hasil model D Kabupaten Bekasi. Alhamdulillah sudah rampung untuk lima jenis pemilihan, jadi hasilnya nanti akan dipublikasikan di website www.kpu.go.id," kata dia.

Ali mengklaim jajaran KPU Kabupaten Bekasi sudah bekerja sesuai dengan aturan pelaksanaan Pemilu 2024.

Ia juga memastikan dalam waktu dekat akan mengevaluasi para penyelenggara pemilu, mulai dari tingkat kecamatan hingga penyelenggara tingkat Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) guna kebutuhan pilkada.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024